Mewujudkan Pendidikan Islam yang Berorientasi pada Nilai-nilai dan Prinsip-prinsip Islami

Authors

  • Ruma Mubarak UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Nurul Lail Rosyidatul Mu’ammaroh Universitas Islam Raden Rahmat, Malang

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.437.11-18

Keywords:

Pendidikan, Paradigma Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak: Pengembangan pendidikan Islam harus dilakukan secara utuh dan komprehensif. Upaya ini harus memperhatikan semua elemen yang ada dalam sistem pendidikan baik dalam bentuk elemen organik dan elemen anorganik, serta aturan lain yang terkait dengan pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan Islam yang ideal sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Hasil kajian mengungkapkan bahwa telah muncul beberapa paradigma pengembangan pendidikan Islam, yaitu formism, mechanism, dan organism. Pendidikan Islam harus berorientasi pada tiga bidang pokok, yaitu studi Islam sebagai sumber ajaran, studi Islam sebagai bagian dari pemikiran, dan studi Islam sebagaimana yang di alami, di amalkan dan diterapkan dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Kementerian. Al-Quran Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Azra, Azyumardi. Surau: Pendidikan Islam Tradisi Danal Transisi Dan Modernisasi. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2017.

Fadjar, A. Malik. Madrasah Dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan, 1998.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren : Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.

Muhaimin. “Potret Paradigma Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ulul Albab 3, no. 99–114 (2001).

Muhaimin, Suti’ah, and Nur Ali. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Edited by Siti Lailan Azizah. 3rd ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nasution, Harun. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran Dan Gerakan. 2nd ed. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Tilaar, H enry Alexis Rudolf. Beberapa Agenda Referensi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia, 1998.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mewujudkan Pendidikan Islam yang Berorientasi pada Nilai-nilai dan Prinsip-prinsip Islami. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 11-18. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.437.11-18