Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Judul Artikel jurnal,

Sekitar 14 Kata, Memberi Gambaran Penelitian yang Telah Dilakukan.

Nama Penulis dan Afiliasi

Tuliskan nama lengkap penulis pertama,  nama penulis kedua,  dan seterusnya tanpa gelar keagamaan atau akademik, instansi tempat penulis bekerja, dan alamat korespondesi (e-mail) penulis.

Abstrak

Ditulis dalam Bahasa inggris, Abstrak menguraikan masalah dan tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian. Fokus abstrak diutamakan pada hasil penelitian.

Kata Kunci

Kata kunci menegskan inti judul yang mendasari penelitian. Jumlah kata-kata kunci maksimal 5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. Pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut

Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi: (1) permasalahan penelitian; (2) rencana pemecahan masalah; (3) tujuan penelitian; (4) harapan akan hasil dan manfaat penelitian. Panjang pendahuluan sekitar 2-5 halaman

Kajian Pustaka

Kajian pustaka yang dimasukkan disini merupakan rangkuman kajian teoritik, untuk pembahasan kajian pustaka ini masing-masing variabel dibahas maksimal 4 paragraph dan pembahasan yang terakhir merupakan gabungan dari pembahasan variabel-variabel sebelumnya yang disimpulkan sendiri oleh penulis tanpa adanya dukungan penelitian atau referensi sebelumnya.

Metode

Pada dasarnya bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian itu dilakukan. Materi pokok bagian ini adalah: (1) rancangan penelitian; (2) populasi dan sampel (sasaran penelitian); (3) teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen; (4) dan teknik analisis data. Untuk penelitian yang menggunakan alat dan bahan, perlu dituliskan spesifikasi alat dan bahannya. Spesifikasi alat menggambarkan kecanggihan alat yang digunakan sedangkan spesifikasi bahan menggambarkan macam bahan yang digunakan.

Hasil Dan Pembahasan

Bagian ini merupakan bagian utama artikel jurnal hasil penelitian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari artikel jurnal. Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “akhir”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas.

Penutup

Simpulan. Simpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan penelitian. Saran. Saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan.

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka harus lengkap dan sesuai dengan acuan yang disajikan dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, semua acuan yang telah disebutkan dalam artikel harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Daftar Pustaka disusun secara alfabetis dan cara penulisannya disesuaikan dengan aturan yang ditentukan dalam jurnal.

Contoh model MLA:

Hamdi, Asep Saepul, and E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Contoh model APA:

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Contoh model ISO 690:

HAMDI, Asep Saepul; BAHRUDDIN, E. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2015