Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Siswa Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu

Authors

  • Ruma Mubarak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nurul Lail Rosyidatul Mu’ammaroh UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • A. Zaki Mubaraq UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.489.56-66

Keywords:

Penanaman, Nilai-nilai Moderasi Beragama

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara yang majemuk, dimana Indonesia memiliki beragam suku, ras, budaya, bahasa, dan agama. Akibat keberagaman ini seringkali timbul konflik di negara Indonesia, salah satunya adalah konfilik beragama. Untuk menghindari konflik tersebut dan adanya perpecahan perlu adanya satu paham. Paham tersebut adalah paham moderasi beragama yang tengah digaungkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa Madrasah Aliyah Bilingual di Kota Batu sangat signifikan; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru PAI dalam menanamkan nilai moderasi beragama meliputi pemahaman dan kompetensi guru, dukungan dan kerjasama dengan pihak sekolah, partisipasi aktif siswa, serta pengaruh lingkungan sosial dan keluarga; (3) Strategi dan metode yang efektif dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa MA Bilingual Kota Batu meliputi pendekatan dialogis, pemanfaatan sumber daya yang relevan, pembelajaran berbasis pengalaman, penggunaan teknologi informasi, serta penerapan model peran guru sebagai contoh teladan yang mempraktikkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, A., & Dian Andayani. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Integrasi Ilmu. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6(1)

Abdullah, Masykuri, Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keragaman (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001)

Ardian. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 7(1)

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Pearson Education

Burhani, Ahmad Najib, "Moderasi Beragama" (Analisis Budaya, Kompas, 2016)

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Hamid, A. (2018). Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Pembelajaran Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 16(1)

Hamid, A. (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Nasionalisme Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1)

Hasan, M. Ag., Moderasi Islam Nusantara (Studi Konsep dan Metodologi, (Pamekasan : IAIN Madura, 2017)

J. Kirk dan M.L. Miller, Reliability and Validity in Qualitative Research (Beverly Hills, CA: Sage Publications, 1986).

J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3rd ed. (Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2009)

John W. Creswell, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches, 4th ed. (Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2018)

Kotter, J. P. Leading Change. (Boston, MA: Harvard Business Review Press, 2012)

M. Q. Patton, Qualitative Research and Evaluation Methods, 3rd ed. (Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2002)

M. Zainuddin, & M. Arifin. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6(1)

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Integrasi Ilmu dan Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 10(1)

Misrawi, Zuhairi, Masyarakat Multikultural dan Tantangan Pluralisme dalam Bingkai Pendidikan Multikultural, (Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, 2010)

Nurhadi. (2015). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 13(1)

Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Yogyakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2010)

Ritonga, Apri Wardana. Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies 4, no.1 (2021)

Setyabudi, M. N. P, Konsep dan Matra Konsepsi Toleransi dalam Pemikiran Raner Forst (Jurnal Filsafat Indonesia 3(3), 2002)

Suryabrata, S., & Sutarsa, E. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2006)

Ulwan, A. N. (2003). Pendidikan Karakter dalam Islam: Konsep dan Implementasinya. Bandung: Mizan.

Yahya, Hanafi. (2016). Pengaruh Kualitas Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 22(4)

Yusuf, Muhammad. Peran Guru PAI dalam Pembelajaran. (Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(1)

Yusuf. (2019). Peran Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(1)

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Siswa Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(1), 56-66. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.489.56-66