Metode Happy Qur’ani dalam Meningkatkan Motivasi dan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Amaliyah Ananda Baharudin UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Apriliyanti Kartika Dewi UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Nadlir UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.485.14-20

Keywords:

Al-Qur’an, Happy Qur'ani, Motivasi

Abstract

Pembelajaran Al-Qur'an sering dianggap membosankan di sekolah karena kecenderungan monoton. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengusulkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, dikenal sebagai metode Happy Qurani, khususnya untuk anak-anak MI. Metode ini mencakup unsur bernyanyi dan permainan tebak kata, di mana peserta didik diajak berpartisipasi dengan menyanyi dan bermain tebak kata terkait dengan materi Qur'an dan Hadits. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, mengandalkan literatur sebagai sumber data. Metode Happy Qurani diharapkan dapat meningkatkan karakter religius, seperti istiqomah, amanah, dan tabligh, sehingga membantu meningkatkan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran dan mengatasi kebosanan di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, Dayita Wahyu, Nurlia Hidayati, and Awanisul Huduni. “Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas 4A SDN 37 Cakranegara Melalui Permainan Tebak Kata Dan Tebak Gaya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3, no. 2 (October 28, 2023).

Alawiyah, T. Pelaksanaan Pembelajaran Alquran Hadits di MI Nor Rahman Banjarmasin. (2013).

Ansari, M. I. Penerapan metode bernyanyi pada pembelajaran tajwid Di Rumah Qur’an An-nur Banjarmasin. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2). (2019).

Anshory AM, Ichsan, Erna Yayuk, and Dyah Worowirastri E. “Tahapan dan Karakteristik Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar (Upaya Pemaknaan Development Task),” August 3, 2016. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7670.

B DePorter, & Moh Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (Bandung: Kaifa Learning,2015).

Hamzah B. Uno, et.al., Desain Pembelajaran, (Bandung, MQS Publishing 2010)

Hanum, Latifah. “Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Kontekstual Di MTs. Pendidikan Agama Islam Medan (Studi Kasus Pada Pembelajaran Daring).” Fitrah: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (September 19, 2021): 66–79. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.62.

Hidayanti, Erni, Nurul Wahdah, Setria Utama Rizal, Istiyati Mahmudah, and Uci Mellynia Anjani. “Pendampingan Belajar Melalui Pemanfaatan Permainan Edukatif Tebak Kata Siswa SDN 1 Kalampangan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 3, no. 2.2 (February 18, 2023).

Hidayati, Aulia Zahrotul Lillahi Rachman, and Laily Maziyah. “Penerapan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Mufradat Untuk Siswa Kelas 8 MTsN 2 Malang | Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor.” Accessed December 2, 2023. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/10999.

Manshur, Umar, Nadia Ainun Nufus, and Fitria Eka Putri Rinjani. “Peningkatan Kosakata Bahasa Arab Siswa RA Menggunakan Metode Bernyanyi Dan Bermain.” JCES (Journal of Character Education Society) 6, no. 4 (October 3, 2023): 731–41. https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.17589.

Nasution, Zulkipli. “Strategi Pembelajaran Quran Hadis Dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran Alquran Hadis.” Jurnal Al-Fatih 3, no. 2 (2020): 269–80. https://doi.org/10.30821/alfatih.v3i2.101.

Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).

Ridwan, Fajar, A.,&Awaluddin. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raudhatul Athfal. Jurnal Didaktika: Jurnal Kependidikan Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. Vol. 13, No. 1. (2019).

Satriani, Satriani. “Rancangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Project Based Learning Pada Madrasah Ibtidaiyah.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 3 (April 20, 2022): 3515–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2503.

Setiowati, D. A. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di MI Muhammadiyah Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014. (2014). (Doctoral dissertation, IAIN).

Sida, Abd Rajab. “Esensi Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam.” Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 7, no. 2 (April 7, 2020).

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Metode Happy Qur’ani dalam Meningkatkan Motivasi dan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(1), 14-20. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.485.14-20