Peran Pendidikan Islam dalam Membina Kesehatan Mental Perspektif Al Qur’an

Authors

  • Erika A'idatun Nahar Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.484.1-13

Keywords:

Al-qur’an, Kesehatan Mental, Pendidikan Islam

Abstract

Kesehatan mental yang optimal adalah kondisi di mana perkembangan fisik, intelektual, dan emosional seseorang mencapai tingkat terbaiknya, sejalan dengan perkembangan orang lain dalam lingkungannya. Pendidikan Islam, pada dasarnya, merupakan upaya sadar yang melibatkan pengajaran, bimbingan, dan asuhan oleh pendidik kepada peserta didik. Tujuannya adalah menciptakan perubahan agar peserta didik dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam, serta menjadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Al-Qur'an dan hadis. Penelitian ini memiliki fokus untuk mendalami peran pendidikan Islam dalam membina kesehatan mental berdasarkan perspektif Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka atau studi kepustakaan, di mana semua data diperoleh dari sumber-sumber pustaka. Proses penelitian didasarkan pada pembacaan beberapa literatur yang informatif dan relevan dengan topik penelitian, serta analisis mendalam terhadap bahan-bahan literatur yang berkaitan. Fungsi utama Al-Qur'an dalam pendidikan Islam adalah menjadi referensi utama. Setiap aspek yang akan diimplementasikan dalam pendidikan Islam harus didasarkan pada isi Al-Qur'an. Islam memberikan ajaran untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani manusia. Oleh karena itu, perhatian terhadap faktor-faktor yang dapat mengarahkan manusia menuju kehidupan yang sehat sangat diperlukan. Al-Qur'an sebagai dasar pendidikan Islam telah memberikan banyak informasi terkait penanganan gangguan kesehatan mental, misalnya melalui praktik dzikir, puasa, kesabaran, dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwariah. Skripsi : Pemeliharaan Kesehatan Mental Dalam Al Qur’an (Studi Tematik Ayat-Ayat Ketenangan Jiwa Dengan Pendekatan Psikologi). Surabaya: Uin Sunan Ampel, 2021.

Fajria, Cendana Ayu. “Sosialisasi Penting Nya Kesadaran Kesehatan Mental Pada Masyarakat Desa Lemahkarya.” Abdima : Jurnal Pengabdian Mahasiswa 2, No. 1 (2023).

Fakhriyan, Diana Vidya. Kesehatan Mental. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.

Fuad, Ikhwan. “Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Al-Qur‟An Dan Hadits.” Journal An-Nafs: Kajian Dan Penelitian Psikologi 1, No. 1 (2016): 2016.

Gloriabarus. “Hasil Survei I-Namhs: Satu Dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental - Universitas Gadjah Mada,” October 24, 2022. Accessed October 27, 2023. Https://Ugm.Ac.Id/Id/Berita/23086-Hasil-Survei-I-Namhs-Satu-Dari-Tiga-Remaja-Indonesia-Memiliki-Masalah-Kesehatan-Mental/.

Hardani. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Larasan, 2020.

Husnul Hatima. Skripsi : Kesehatan Mental Dalam Perspektif Alquran (Analisis Surah Yunus Ayat 57). Palu: Iain Palu, 2018.

Islamiyah, Khoridatul. Skripsi : Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah Ayat 30-39. Malang: Uin Malik Ibrahim Malang, 2015.

M. Wildan Yuliansyah. Kesehatan Masayarakat Kesehatan Mental. Surakarta: Borobudur Inspira Nusatara, 2016.

Malikah. Disertasi : Pendidikan Kesehatan Mental Melalui Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pesantren Darullughah Wadda’wah Raci Bangil Pasuruan Dan Pesantren Al-Amanah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo). Surabaya: Uin Sunan Ampel, 2018.

Mulyani, Sri. “Urgensi Kesehatan Mental Dalam Pendidikan Islam.” Qalam : Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 2 (2020).

Murdiyanto, Eko. Penelitian Kualitatif. 2020th Ed. Yogyakarta: Lppm Upn ”Veteran” Yogyakarta Press, N.D.

Qowim, Agus Nur. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, No. 1 (2020).

Ratnawati. “Metode Perawatan Kesehatan Mental Dalam Islam.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 3, No. 1 (2019).

Rozaq, Abdul. Ilmu Dan Humanisme Religius Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021.

Sam, Samain. “Konsep Kesehatan Mental Dalam Al-Qur’ān Dan Implikasinya Terhadap Adversity Quotient Perspektif Tafsir Al-Misbah.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, No. 2 (November 16, 2020): 18–29.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2023.

Suharmis. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga.” Jurnal Musawa 7, No. 1 (2015).

Suwanda. “Kesehatan Mental Dalam Perspektif Al Qur’an.” Jurnal Al Fath 12, No. 2 (2018).

Warni. Skripsi : Dzikir Dan Kesehatan Mental (Studi Al Quran Surat Ar-Ra’du Ayat 28 Dalam Tafsir Al Azhar). Lampung: Iain Raden Intan, 2017.

Yusuf, Muhammad. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja Di Lingkungan Sekolah Pada Era Media Sosial.” Ilmu Al-Qur’an (Iq) Jurnal Pendidikan Islam 5, No. 1 (2022).

“Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa Di Indonesia.” Sehat Negeriku, October 7, 2021. Accessed October 27, 2023. Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/Baca/Rilis-Media/20211007/1338675/Kemenkes-Beberkan-Masalah-Permasalahan-Kesehatan-Jiwa-Di-Indonesia/.

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Pendidikan Islam dalam Membina Kesehatan Mental Perspektif Al Qur’an. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.484.1-13