Peran Pendidikan Islam dalam Membina Kesehatan Mental: Perspektif Al Qur’an

Authors

  • Erika A'idatun Nahar Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlotul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.484.1-13

Keywords:

Al-Qur’an, kesehatan mental, pendidikan islam

Abstract

Kesehatan mental optimal merupakan kondisi di mana perkembangan fisik, intelektual, dan emosional seseorang mencapai puncaknya sejalan dengan lingkungan sekitarnya. Pendidikan Islam, sebagai usaha sadar melibatkan pengajaran, bimbingan, dan asuhan, bertujuan membentuk pemahaman, penghayatan, dan implementasi ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, sesuai Al-Qur'an dan hadis. Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan Islam dalam memperkuat kesehatan mental berdasarkan perspektif Al-Qur'an. Metode tinjauan pustaka digunakan dengan mengambil informasi dari berbagai sumber literatur. Hasil analisa mengungkapkan bahwa Al-Qur'an menjadi panduan utama dalam pendidikan Islam, memastikan setiap aspek didasarkan pada ajaran Al-Qur'an. Islam mengajarkan pemeliharaan kesehatan jasmani dan rohani melalui praktik dzikir, puasa, kesabaran, dan konsep lainnya. Fokus pada faktor-faktor ini dianggap penting untuk mencapai kehidupan yang sehat, sesuai dengan panduan Al-Qur'an sebagai landasan pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Pendidikan Islam dalam Membina Kesehatan Mental: Perspektif Al Qur’an. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.484.1-13