Gambaran Akhlak Murid Madrasah Diniah Mamba’ul Ihsan Kota Mojokerto Ditinjau dari Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’

Authors

  • Achmad Zainul Mustofa Al Amin STIT Raden Wijaya Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.455.16-32

Keywords:

Kitab Washoya Al Abaa' Lil Abnaa', Akhlak, Pendidikan, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan akhlak siswa di Madrasah Diniah Mamba'ul Ihsan di Kota Mojokerto berdasarkan kitab Washoya Al Abaa' Lil Abnaa'. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di Madrasah Diniah Mamba'ul Ihsan di Kota Mojokerto menunjukkan akhlak mulia sesuai dengan ajaran buku Washoya Al Abaa' Lil Abnaa'. Namun, ada faktor-faktor seperti kurangnya pemahaman nilai-nilai akhlak dan pengaruh hubungan sebaya yang dapat memengaruhi kurangnya bimbingan moral. Penulis berharap bahwa makalah ini dapat menjadi referensi bagi guru dan pengajar di madrasah dalam membimbing dan memotivasi siswa dalam pendidikan akhlak. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan menjadi sumber daya berharga bagi peneliti masa depan yang tertarik pada topik serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, H. Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning Pesantren Dan Tarekat: Tradisi- Tradisi Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1995.

Chasanatin, Haiatin. Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2016.

Firdaus, Irfan. Dialog Agama Dan Budaya Lokal. Vol. XV. Yogyakarta: Jurnal Penelitian Agama UIN Sunan Kalijaga, 2006.

Glasse, Cyril. Ensiklopedi Islam Ringkas. Edited by Ghufron A. Mas’adi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Husnah, Dewi Aimatul. “Pembelajaran Kitab Washoya Dalam Pendidikan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Daarul Ulya Iringmulyo Metro.” IAIN Metro Lampung, 2019.

Mukti, Abdul. “Akhlak Militer Mahasiswa UIN Walisongo Semarang (Studi Analisis Terhadap Resimen Mahasiswa Batalyon 906 ‘Sapu Jagad’ UIN Walisongo Semarang).” UIN Walisongo Semarang, 2016.

Novitasari, Fitri. “Implementasi Kitab Ta’lim Al Muta’allim Dan Washoya Al Aba’ Lil Abna Dalam Pembentukan Akhlak Santri : Studi Kasus Di Pondok Esantren Miftahul Mubtadiin Krempyang Tanjunganom Nganjuk.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2016.

Nurmala. “Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Di MTs Muhammadiyah Mandalle Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa.” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019.

Riski, Lailatus. “Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.

Sudrajat, Ajat. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Syekh Muhammad Syakir(Dalam Kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa).” IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017.

Syakir, Muhammad. Terjemah Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’. Semarang: Toha Putra, 2004.

Syam, Muhammad Nur Alam Fajar. “Konsep Cara Bersyukur Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Sumber Belajar Siswa KelasX Di SMAN 4 Blitar.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Downloads

Published

2023-02-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Gambaran Akhlak Murid Madrasah Diniah Mamba’ul Ihsan Kota Mojokerto Ditinjau dari Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ . (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(1), 16-32. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.455.16-32