Pembelajaran Abad 21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi

Authors

  • Muhammad Taufiqurrahman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90

Keywords:

Pembelajaran abad 21, Kompetensi 4C, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil kajian pustaka dari berbagai literatur terkait pembelajaran abad-21 berbasis kompetensi 4C di perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai institusi penyelenggara pendidikan memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam menghasilkan berbagai lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan kompetensi abad-21. Salah satu kompetensi abad-21 tersebut adalah 4C yaitu kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking and probllem solving), kemampuan bekerjasama dan kolaborasi (collaboration and teamwork), kemampuan berkomunikasi (communication), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation). Kemampuan abad-21 yang diperoleh tersebut menjadi bekal lulusan perguruan tinggi untuk menghadapi era Society 5.0. Dalam penelitian ini dipaparkan mengenai prinsip pembelajaran abad-21, kompetensi 4C di perguruan tinggi, karakteristik pendidik dan peserta didik abad-21, model pembelajaran abad-21 berbasis 4C.  Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa perguruan tinggi merupakan sebuah institusi pencetak sumber daya manusia (SDM) unggul yang diharapkan dapat menghasilkan berbagai lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan kompetensi abad-21. Lulusan yang kompeten merupakan peserta didik yang dapat menguasai 6 keterampilan dasar literasi (baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewarganegaraan), kompetensi 4C (pemikiran kritis dan pemecahan masalah, kerjasama dan kolaborasi, komunikasi, kreativitas dan inovasi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chudzaifah, Ibnu, Afroh Nailil Hikmah, and Auliya Pramudiani. “Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi Dan Masyarakat Dalam Membangun Peradaban.” Al-Khidmah 1, no. 1 (2021).

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2020).

Gaskins-Scott, Taya. “Successful Global Collaborations in Higher Education Institutions.” Journal of Interdisciplinary Studies in Education 9, no. 1 (2020).

Holzbaur, U D. “Linking Research Education and Education for Sustainable Development via Projects.” Interim: Interdisciplinary Journal 21, no. Un (2012).

Jan, Hafsah. “(PDF) Teacher of 21 St Century: Characteristics and Development.” Research on Humanities and Social Sciences 7, no. 9 (2017).

Jose M Ocampo, Jr. “Effecting Change on Students?? Critical Thinking in Problem Solving.” Educare 10, no. 2 (2018).

Lovisia, Endang. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar.” SPEJ (Science and Physic Education Journal) 2, no. 1 (December 27, 2018): 1–10. Accessed February 1, 2023. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/333.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mar, Gary R. Thinking Matters: Critical Thinking as Creative Problem Solving. Thinking Matters: Critical Thinking As Creative Problem Solving, 2021.

Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia, 2004.

Simanjuntak, Maria Dewi Ratna. “Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3 (2019).

Sumarno. “Pembelajaran Kompetensi Abad-21 Menghadapi Era Society 5.0.” Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 3 (2019).

Taufiqurrahman, Muhammad. “Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT Sebagai Upaya Perguruan Tinggi Menghadapi Era Smart Society 5.0.” PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction 6, no. 2 (August 15, 2022): 114–132. Accessed February 1, 2023. https://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/article/view/426.

Taufiqurrahman, Muhammad. “Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan.” DESKRIPSIA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (March 3, 2022): 106–120. Accessed February 1, 2023. https://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/dks/article/view/336.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pembelajaran Abad 21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 78-90. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90