Pentingnya Pendidikan Hukum Islam di Era Digital

Authors

  • Vivi Sylvia Purborini Universitas Wisnuwardhana, Malang

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.436.91-102

Keywords:

Pendidikan, Hukum Islam, Era Digital

Abstract

Pendidikan adalah bagian dari proses belajar untuk membentuk karakter individu pada bangsa dan negara. Kualitas proses pendidikan menentukan hasil dari proses belajar, yaitu arah pemikiran dan langkah kehidupan manusia. Harapan masyarakat cukuplah besar untuk menjadikan seorang anak atau individu bisa mendapatkan pendidikan karakter yang baik, agar menjadi manusia yang berkarakter, berbudi pekerti luhur, dan dapat menjalankan kehidupannya sesuai dengan syariat Islam. Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif untuk meneliti dan menulis pembahasan. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian hukum deskriptif bersifat pemaparan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran atau deskripsi lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku ditempat tertentu dan pada saat tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi secara jelas dan rinci dalam memaparkan revitalisasi pendidikan hukum di era digital. Kemajuan teknologi, akses ilmu pengetahuan tanpa batas, membuat manusia dapat menjelajah ruang dan waktu dimanapun dan kapanpun. Hampir semua lini dalam kehidupan sosial bangsa negara dapat difasilitasi dengan teknologi. Hal inilah yang membust revitalisasi pendidikan hukum di era digital menjadi sangat penting untuk membuat lingkungan masyarakat berbangsa dan bernegara tetap kondusif dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan yang ada serta dengan batasan peraturan yang jelas mengatur segala tingkah laku masyarakat, demi terciptanya peradaban insan manusia Indonesia yang maju berkarakter dengan menjunjung tinggi kearifan lokal. Kemajuan generasi bangsa adalah melalui prose pembelajaran yang baik dan dilakukan secara komprehensif melibatkan berbagai pihak. Oleh karenanya revitalisasi pendidikan hukum di era digital akan terus dibutuhkan untuk terus dikembangkan sesuai dengan kemajuan jaman demi majunya peradaban generasi bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir. Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT. Remaja Rosda Karya. 2010.

Agus Sudibyo. Dialektika Digital, Kolaborasi dan Kompetisi antara Media Massa dan Platform Digital. KPG. 2022.

Akhmad Muhaimin Azzet. Pendidikan yang Membebaskan. Ar-Ruzz Media. 2011.

Ali Maksum, & Luluk Yunan Ruhensdi. Paradigma Pendidikan Universal; Dari Era Modern dan Post-Modern. IRCiSod. 2004

Anthon F. Susanto dkk. Penelitian Hukum Tranformatif Pastisipatoris, Fundasi penelitian Kolaboratif dan Aplikasi Campuran (Mixed Method) dalam Penelitian Hukum. Setara Press. 2015.

Anthon F. Susanto dkk. Hukum, dari Consilience ke Paradigma Hukum Konstruktif Transgresif. Refika Aditama. 2017.

Anthon F. Susanto dkk. Pendidikan Hukum dan Kearifan Lokal menuju Paradigma Akal Budi. Logoz. 2020.

Benni Setiawan. Agenda Pendidikan Nasional. Ar-Russ Media. 2008.

Bernard L. Tanya, dkk, Teori Hukum, Strategi Tertib Manusia Lintas Ruang dan Generasi, Yogyakarta: Genta Publishing. 2013

Chris Skinner. Manusia Digital; Revolusi 4.0 Melibatkan Semua Orang. PT Elex Media Komputindo. 2019.

Derek Wilding, Peter Fray, Sacha Molitorisz, & Elaine McKewon. The Impact of Digital Paltform on News and Jurnalistic Content, Sydney; Centre for Media Transition.University of Technology Sydney. 2018.

Dewan Pers, Dialog Pers dan Hukum, Jakarta: UNESCO. 204

E.F. Scumacher dalam Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju. 2001.

Hakam, K. A. Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Disampaikan Dalam Seminar Nasional Di Universitas Indonesia Tahun 2015, Disajikan Di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta 2016, Dan Seminar Nasional Di Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Tahun 2016.

Hans Kelsen, General Theory of Law and State, diterjemahkan oleh Rasisul Muttaqien, Bandung : Nusa Media. 2011.

HAR Tillar. Kekuasaan dan Pendidikan; Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Rineka Cipta. 2009.

Hu, X., Nanjappan, V., & Georgiev, G. v. Seeing From the Users’ Eyes: An Outlook to Virtual-Reality Based Empathic Design Research. Proceedings of the Design Society, 1, 2601–2610. https://doi.org/10.1017/pds.2021.521 . 2021.

Ian Pearson. You Tommorow, Tentang Kita di Masa Depan. Renebook. 2019.

Jimly Asshiddiqie, Hukum Tata Negara dan Pilar-pilar Demokrasi, Jakarta: Konpress. 2005.

M. Agus Nuryatno. Mazhab Pendidikan Kritis, Mengingkap Relasi Pengetahuan Politik dan Kekuasaan. Resist Book. 2008.

M. Ali Mansyur, Problematika Penegakan Hukum dan Solusinya di Indonesia Masa Kini dan Yang Akan Datang, Jurnal Hukum Khaira Ummah, Vol. 3 No. 1, Maret 2008, Semarang: Program Magister Ilmu Hukum UNISSULA,

Parhan, M., & Sutedja, B. PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165. 2019.

Paulo Freire. Pendidikan Kaum Tertindas. Narasi. 2019.

Satjipto Rahardjo, Membedah Hukum Progresif, Jakarta: Kompas. 2008.

Satjipto Rahardjo. Pendidikan Hukum sebagai Pendidikan Manusia. Genta Publishing. 2009.

Setyosari, P. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana. 2016

Subrata, Pengaruh Perkembangan Telematika terhadap Pembangunan Hukum Peraturan Perundang-undangan”, Jakarta: BPHN. 2004.

Sudikno Mertokusumo, Teori Hukum, Cet. 15, Yogyakarta: Atmajaya. 2015.

Sulistiyowati Irianto. Tantangan Pendidikan Tinmggi Hukum di Era 4.0. Dalam Buku Bunga Rampai Pendidikan Tinggi Hukum di Indonesia. Era 4.0, Editor Ade Saptomo dkk. Rajawali Press. 2019.

Yudi Latif, Pendidikan yang Berkebudayaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2020

Yuliaharti. Pembentukan Karakter Islamidalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918. 2018.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pentingnya Pendidikan Hukum Islam di Era Digital. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 91-102. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.436.91-102