Model Transformasi Pendidikan Pesantren: Studi Kasus pada Pondok Pesantren Darul Dakwah Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.537.175-186Keywords:
Edukasii, Pesantren, TransformasiAbstract
Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan tertua dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun silam. Pesantren dituntut untuk memahami kembali identitasnya sebagai lembaga pendidikan Islam, sementara di pihak lain, pesantren juga dihadapkan pada tuntutan untuk membuka diri terhadap beberapa sistem pendidikan modern yang bersumber dari luar pesantren. Dalam hal ini pondok pesantren dihadapkan pada tuntutan untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan, kualitas sumber daya insani yang dibutuhkan dalam kehidupan modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model transformasi pendidikan pesantren pondok pesantren Darul Dakwah Sooko Mojokerto, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan pengujian keabsahan data dengan tekhnik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model transformasi pendidikan di PP Darul Dakwah Mojokerto, pesantren ini mengadopsi model integrasi selektif. Terdapat dua sebab yaitu, sebab khusus dan sebab umum. Sebab khusus di PP Darul Dakwah adalah transformasi itu terjadi dilatarbelakangi oleh kepemimpinan seorang kiai dan modernisasi, serta dorongan wali santri dan alumni. Sebab umum terjadinya transformasi pendidikan pesantren mempunyai lima aspek yang menjadi sebab umum, yakni: aspek kultural, aspek politis, aspek ekonomis, aspek kepemimpinan dan aspek edukasional. (3) implikasi transformasi ini menggunakan pendekatan manajemen pendidikan dalam mengembangkan pesantren yaitu: a) Transformasi kepemimpinan pesantren; b) Transformasi sistem pendidikan pesantren; c) Transformasi kurikulum pesantren; d) Transformasi metode pendidikan pesantren; d) Transformasi institusi pesantren.
Downloads
References
A’la, Abdul. 2006. Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustidaka Pesantren.
Afadlal. 2005. Islam dan Radikalisme di Indonesia, Jakarta: LIPI Press.
Arif, Mahmud. 2008. Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta: LkiS.
Arifin, Muhammad. 1991. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.
Dhofier, Zamkhasyari, 2011. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan visinya mengenai Masa Depan Indonesia. Cet. II; Jakarta Mizan: LP3ES
Djamas, Nurhayati. 2009. Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
H. A. R. Tilaar dan Riant Nogroho. 2008. Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustidaka Pelajar.
Haedari, Amin dkk.2004. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global. Cet. 1. Jakarta: IRD PRESS.
Haedari, Amin. 2006. Transformasi Pesantren: Pengembangan Apek Kependidikan, Keagamaan, dan Sosial. Cet. 1. Jakarta: LekDIS & Media Nusantara.
Hamid, Abu. 1983.Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren di Sul-Sel, dalam Taufik Abdullah (ed), Agama dan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Humaidi, Anis. 2011 “Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren: Studi Kasus Unit Pondok Pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah di Lingkungan Pondok Pesantren Induk Lirboyo Kediri Jawa Timur” (Ringkasan Disertasi Doktor, Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2011)
Kahmad, Dadang. 2002. Sosiologi Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Berdasarkan Pengalaman di satuan Pendidikan Rintisan (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren. Cet. Ke-1. Jakarta: Paramadina.
Madjid, Nurcholish . 1977. Bilik-bilik Pesantren ; Sebuah Potret Perjalanan. Cet. I, Jakarta: Paramadina.
Mahmud. 2006. Model-Model Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Media Nusantara.
Moleong, lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosd,
Mubarok, Achmad. 2000. Jiwa dalam Al-Qur’an: Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern, Jakarta Selatan: Paramadina.
Muchlas samani dan Hanriyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pius A Partanto, Dahlan AL Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Apollo.
Qomar, Mujamil. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, tt)
Rembagy, Musthofa. 2008. Pendidikan Transformatif: pergulatan kritis merumuskan pendidikan di tengah pusaran arus globalisasi. Yogyakarta: Teras.
Rosyad, Sholeh. Sebuah Pembaharuan Dunia Pesantren Di Banten. Banten: LPPM La Tansa
Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial: Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Jakarta: Erlangga.
Soekamto, Soerjono. 1992. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV.Rajawali.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.
Syukri Zarkasyi, Abdullah. 2005. Nganjuk dan Pembaharuan Pesantren Modern, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Zainul Mustofa Al Amin, Ismail Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




