Nilai-nilai Pendidikan Akidah dalam Ibadah Kurban: Perspektif Al-Qur’an Surat Ash‑Shaffat Ayat 100‑103

Authors

  • Ismail Ismail STIT Raden Wijaya Mojokerto
  • Achmad Zainul Mustofa Al Amin STIT Raden Wijaya Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.536.160-170

Keywords:

Akidah, Kurban, Pendidikan Islam, Ibrahim, Ash-Shaffat, Tauhid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam peristiwa ibadah kurban sebagaimana tercermin dalam Al-Qur’an Surat Ash-Shaffat ayat 100–103. Melalui pendekatan tafsir tematik (maudhū’ī) dengan analisis terhadap karya-karya tafsir klasik dan kontemporer seperti tafsir Ibnu Katsir, Al-Qurthubi, Al-Misbah (Quraish Shihab), dan Al-Azhar (Hamka), ditemukan bahwa ayat-ayat tersebut bukan sekadar mengisahkan ketaatan Nabi Ibrahim dan Isma’il dalam peristiwa penyembelihan, tetapi juga memuat fondasi nilai-nilai pendidikan akidah yang mendalam. Nilai-nilai tersebut mencakup tauhid, tawakal, keimanan kepada takdir (qadha dan qadar), kepatuhan terhadap wahyu, kesabaran dalam menghadapi ujian, serta kepasrahan total (istislam) kepada kehendak Allah. Penelitian ini menegaskan bahwa peristiwa kurban merupakan momentum edukatif-spiritual yang sangat relevan dalam membentuk karakter keimanan individu, keluarga, dan masyarakat. Ibadah kurban, dalam konteks pendidikan akidah, menjadi simbol dari kesiapan spiritual untuk mengutamakan cinta kepada Allah di atas segalanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, B. “Kerangka dan Proses Pendidikan Keimanan kepada Allah,” Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora 6, no. 1 (2019).

Al-Asfahani, Al-Raghib. Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Beirut: Dar al-Ma’rifah. 2001

Albar, D. Variasi Metode Tafsir Al-Qur’an. Bandung: Digital repository UIN Sunan Gunung Djati (2020).

Al-Qurthubi. Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Juz 15. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah. 2006.

Arifin, Zainal. “Pendidikan Nilai dalam Ibadah Kurban Berdasarkan Kisah Nabi Ibrahim AS”. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Vol. 7 No. 1. 2021.

Arifin, Zainal. “Pendidikan Nilai dalam Ibadah Kurban Berdasarkan Kisah Nabi Ibrahim AS,” Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, Vol. 7, No. 1 (2021).

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah: Kajian Teoretis dan Praktis. Jakarta: Kencana. 2017.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir fi Al-Aqidah wa Al-Shariah wa Al-Manhaj, Jilid 12. Beirut: Dar Al-Fikr Al-Mu’asir. 2016

Burga, Marjuni dan Rosdiana. “Nilai-nilai Tarbiyah Ibadah Kurban dan Relevansinya dengan Pembelajaran Pendidikan Formal,” PALAPA 7, no. 2 (2019).

Fitriatunnisa, Aida dan Danendra Ahmad Rafdi. “Metode Tafsir Muqaran Dilihat Kembali,” Jurnal Iman dan Spiritualitas 3, no. 4 (Oktober–Desember 2023).

Hamka. Tafsir Al-Azhar, Jilid 7. Jakarta: Gema Insani. 2003.

Hanafi, Hasan. Pengantar Ilmu Tafsir Modern, terj. M. Amin Abdullah. Yogyakarta: LKiS. 1996.

Hariyadi, Muhammad dan Achmad Muhammad, “Rekonstruksi Tafsir Muqâran,” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman 6, no. 01 (14 Juli 2022).

https://quran.nu.or.id/ash-shaffat/101

Idul Adha dan Edukasi Filantropi, website resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Katsir, Ibnu. Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, Juz 23. Beirut: Dar al-Fikr. 2000.

Mile I. “Metodologi Studi Tafsir Al-Qur’an.” Pekerti / Jurnal (2022).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nurhikmah, Lisa. “Implementasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MIS Al Hunafa Palangka Raya,” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 20, no. 3 (2023).

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Lentera Hati. 2017.

---------------. Tafsir al-Misbah, Vol. 11. Jakarta: Lentera Hati. 2017.

Shofiuddin dan Mursid Adi Saputra, “Validitas Metodologi Interpretasi Al-Qur’an (Analisis Sosio-Historis-Politik),” Hikami: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 2 No. 2 (Desember 2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2016.

Wahyuni , Sri. “Makna Filosofis Ibadah Kurban dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 12 No. 2. 2019.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung. 1990.

Downloads

Published

2024-08-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Nilai-nilai Pendidikan Akidah dalam Ibadah Kurban: Perspektif Al-Qur’an Surat Ash‑Shaffat Ayat 100‑103. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(2), 160-170. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.536.160-170