Integrasi Psikologi Pendidikan Islam dengan Disiplin Psikologi Modern: Kajian Teoretis dan Aplikatif
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.532.118-127Keywords:
Integrasi, psikologi pendidikan Islam, psikologi modern, nilai spiritual, pendekatan holisticAbstract
Psikologi Pendidikan Islam berakar pada nilai-nilai spiritual, moral, dan transendental yang bersumber dari ajaran Islam, sementara psikologi modern mengandalkan pendekatan empiris dan rasional dalam memahami perilaku dan perkembangan manusia. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji secara teoretis dan aplikatif hubungan antara Psikologi Pendidikan Islam dan Psikologi modern, serta mengeksplorasi kemungkinan integrasi antara keduanya dalam ranah pendidikan. Melalui kajian ini, penulis ingin mengidentifikasi prinsip-prinsip yang selaras antara dua disiplin tersebut, serta menawarkan pendekatan integratif yang dapat diterapkan dalam praktik pendidikan Islam kontemporer. Dengan demikian, diharapkan tercipta kerangka kerja psikologis yang tidak hanya ilmiah dan empiris, tetapi juga sarat nilai-nilai spiritual dan moral keislaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif jenis riset studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ini dapat memperkaya praktik pendidikan, khususnya dalam pengembangan kurikulum, strategi pembelajaran, dan layanan bimbingan konseling yang tidak hanya rasional tetapi juga berlandaskan nilai-nilai spiritual. Artikel ini merekomendasikan perlunya dialog interdisipliner yang berkelanjutan serta pengembangan model pendidikan yang mampu menggabungkan kekuatan dari kedua pendekatan secara seimbang dan aplikatif.
Downloads
References
Al Kindi. Al Qaul fi an Nafs dalam Risail al Kindi al Falasifa. Beirut: Dar al Fikr al `Arabī, 1950.
Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Afifi. Filsafat Mistik Ibnu Arabi, terj Syahrir Mawi dan Nandi Rahman, judul: A Mystical Philosophy of Muhyidin Ibnu Arabi. Jakarta: Media Pratama, 1995.
Asyim, Muhammad. Dialog Antara Tasawuf dan Psikologi, Telaah atas Pemikiran Psikologi Humanistik Abraham Maslaw. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Branca. Psychology: The science of Behavior. University of California: Allyn and Bacon, 1964.
De Bali Tj, The History of The Philosophy in Islam. New York: Dowh Publication Inc, 1967.
Heuken, Adolf S.J. Tantangan Membina Kepribadian : PedomanMengenal Diri. Yogyakarta: Kanisius, 1979.
Hanna Djumhana Bastaman. Integrasi Psikologi dengan Islam, Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
Hardani, dkk. Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitati. Yogyakarta: CV Pustaka IlmuGroup Yogyakarta, 2020.
Hadziq, Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat, Jurnal Study Pendidikan, 7(1), 2021.
Imam al Gazali. Ihya Ulumuddin, Bab Keajaiban Hati, terj. Ismail Yakub. Jakarta: Faisan, 1984.
Ibnu Qoyyim al Jauriah. Keajaiban Hati. Jakarta: Pustaka Ahzam, 2000.
Koeswara, E. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Eresco, 2001.
Langgulung, Hasan. Teori-Teori Kesehatan Mental. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1986.
Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendididikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Mujib, Abdul. Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filasofik Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: Tri Genda Karya, 1993.
Mujib, Abdul dan Mudzakir, Yusuf. Nuansa Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakrya, 2002.
Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Rifai, Achmad dan Tri Anni, Catharina. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press, 2009.
Rassool, G.H. Islāmic Psychology: the Basics. London: Routledge, 2023., https://doi.org/10.4324/9781003312956.
Said Basil, Victor. Manhaj al Babs an al Ma’rifah inda al Gazali. Beirut: Dar al Kutub, tt.
Singgih, Dirgagunarsa. Pengantar Psikologi. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1978.
Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2003.
Siqid, Umar dan Miftahul, Moh. C. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya, 2019.
Utsman Najati, Muhammad. Psikologi dalam Al-Qur’an. Solo: Aulia Press, 2008.
Zidadat, Maan, dkk. al Mansu’at al Falasafiyah al Arabiyah. Arab: Imam al Araby, 1986.
Zakiah Derajat. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung, 1970.
Zuhairini, dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Lail Rosyidatul Mu’ammaroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.