Pengembangan Media Digital Interactive Workbook pada Pembelajaran Etika Pergaulan dan Komunikasi Islami

Authors

  • Aura Sabilatul Anjani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto
  • Satria Kamal Akhmad Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto
  • Eva Putriya Hasanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.531.140-150

Keywords:

Etika Pergaulan dan Komunikasi Islami, Interactive Workbook, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMP masih didominasi metode ceramah dan media konvensional, sehingga kurang menarik dan berdampak pada rendahnya pemahaman siswa. Diperlukan media interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan efektivitas belajar, khususnya pada materi Etika Pergaulan dan Komunikasi Islami. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba pada siswa kelas IX SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 4,18 dari ahli materi (kategori Baik) dan 4,35 dari ahli media (kategori Sangat Baik). Uji coba awal memperoleh persentase kelayakan 94% tanpa revisi, sedangkan uji lapangan meningkat menjadi 97%. Nilai N-Gain Score sebesar 0,4 (kategori Sedang) menunjukkan efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman siswa. Interactive Workbook terbukti layak dan cukup efektif sebagai media digital untuk pembelajaran PAI. Media ini mampu membantu siswa memahami materi secara lebih interaktif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. “Media Pembelajaran Interaktif dalam Konteks Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2021): 67–79.

Bandura, Albert. Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice Hall, 1977.

Gagné, Robert M. Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Alfabeta, 1985.

Mayer, Richard E. Multimedia Learning: Principles and Applications. Cambridge: Cambridge University Press, 2021.

Paivio, Allan. Mental Representations: A Dual Coding Approach. New York: Oxford University Press, 1986.

Piaget, Jean. The Origins of Intelligence in Children. New York: Norton, 1972.

Putri, Riska, Anisa Wahyuni, dan Indra Saputra. “Implementasi Digital Workbook dalam Pembelajaran PAI.” Jurnal Teknologi Pendidikan 15, no. 2 (2023): 112–127.

Rokhayati. "Pengaruh Penggunaan Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa PAI." Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2023): 88-102.

Safitri, Dewi. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3." Jurnal Teknologi Pendidikan 14, no. 2 (2024): 45-56.

Setiawan, Adi. "Efektivitas Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer 5, no. 1 (2022): 33-47.

Sweller, John. "Cognitive Load Theory and Educational Technology." Educational Psychology Review 22, no. 2 (2010): 123-138.

Vygotsky, Lev. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Jakarta: Rajawali Pers, 1978.

Downloads

Published

2025-08-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Media Digital Interactive Workbook pada Pembelajaran Etika Pergaulan dan Komunikasi Islami. (2025). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(2), 140-150. https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.531.140-150