Penguatan Karakter dan Kesadaran Global Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural

Authors

  • Muhammad Taufiqurrahman STIT Raden Wijaya Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.525.189-200

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Karakter, Multikulturalisme, Kewarganegaraan Global, Keterampilan Abad ke-21

Abstract

Kompleksitas globalisasi dan masyarakat multikultural menuntut sistem pendidikan di Indonesia untuk membentuk warga negara yang tidak hanya kompeten secara intelektual, tetapi juga bertanggung jawab secara moral, sosial, dan global. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik, menginternalisasi nilai-nilai multikultural, dan menumbuhkan kesadaran kewarganegaraan global. Penelitian ini bertujuan membangun kerangka konseptual yang komprehensif untuk mengoptimalkan peran PKn dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka sistematis, penelitian ini menganalisis artikel jurnal terakreditasi, buku akademik, dan dokumen resmi menggunakan teknik kategorisasi tematik dan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa PKn memiliki potensi besar dalam: (1) menanamkan nilai-nilai moral utama seperti kejujuran, tanggung jawab, dan religiusitas; (2) menginternalisasi prinsip-prinsip multikultural seperti toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman; dan (3) menumbuhkan kesadaran global melalui keterlibatan kritis terhadap isu lintas negara seperti hak asasi manusia, keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan. Ketiga dimensi ini saling berkaitan dan membentuk paradigma pendidikan yang holistik serta kontekstual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa reformasi pendidikan kewarganegaraan melalui kurikulum integratif, pelatihan guru berbasis nilai, serta lingkungan pembelajaran yang inklusif dan demokratis merupakan prasyarat penting untuk membentuk generasi warga negara global yang berkarakter kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, Nini, and Nopa Wilyanita. “Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Sejak Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2339.

Basri, Hasan. “Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan 18, no. 1 (2018). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054.

Charles. “Pendidikan Multikultural Untuk Memperkuat Kohesifitas Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.” EDUCATIVE : Journal of Education Studies 1, no. 1 (2016).

Davies, Ian, Li Ching Ho, Dina Kiwan, Carla L. Peck, Andrew Peterson, Edda Sant, and Yusef Waghid. The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education. The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education, 2018. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59733-5.

Dewi, Rinita Rosalinda, Edi Suresman, and Cik Suabuana. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Persekolahan.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465.

Dwintari, J W. “Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural Dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan …, 2018.

Franch, Sara. “Global Citizenship Education: A New ‘Moral Pedagogy’ for the 21st Century?” European Educational Research Journal 19, no. 6 (2020). https://doi.org/10.1177/1474904120929103.

Gerson, Gregorius We’u. “Urgensi Pendidikan Multikultural: Sebuah Jawaban Atas Problematika Pluralitas.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.36928/jipd.v4i2.354.

Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives. Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives, 2015. https://doi.org/10.54675/drhc3544.

Hendershot, Karen, and Jill Sperandio. “Study Abroad and Development of Global Citizen Identity and Cosmopolitan Ideals in Undergraduates.” Current Issues in Comparative Education 12, no. 1 (2009).

Kennedy, Kerry J. “Global Trends in Civic and Citizenship Education: What Are the Lessons for Nation States?” Education Sciences 2, no. 3 (2012). https://doi.org/10.3390/educsci2030121.

Lickona, T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.

Mardapi, Djemari, and Edy Tri Baskoro. “Pengembangan Para Digma Pendidikan Nasional Abad XXI.” In Laporan BNSP 2010, 2010.

McGinnis, Theresa Ann. “‘A Good Citizen Is What You’ll Be’: Educating Khmer Youth for Citizenship in a United States Migrant Education Program.” Journal of Social Science Education 14, no. 3 (2015). https://doi.org/10.2390/jsse-v14-i3-1399.

Miles, M.B Huberman, A.M, and J Saldana. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications, 2014.

Nanggala, Agil. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural.” Jurnal Soshum Insentif 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354.

Pike, Graham, and Mackenzie Sillem. “Study Abroad and Global Citizenship: Paradoxes and Possibilities.” In The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education, 2018. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59733-5_36.

Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristiknya Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2013.

Ragil Kurniawan, Muhammad, and Sugeng Rianto. “Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Kedisiplinan Di Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 2b (December 31, 2021): 872–82. https://doi.org/10.35568/NATURALISTIC.V5I2B.1217.

Setiarsih, Ari. “Penguatan Identitas Nasional Melalui Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal.” Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 2016.

Setiawan, Deny. “Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan.” JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL 6, no. 2 (2015). https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2285.

Suardi, Suardi, Herdiansyah Herdiansyah, Herdianty Ramlan, and Indah Ainun Mutiara. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMA Jaya Negara Makassar.” JED (Jurnal Etika Demokrasi) 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983.

Supriatna, Eman. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Soshum Insentif, 2019. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106.

Suyanto, and Asep Jihad. MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Penerbit Erlangga. Vol. 12, 2013.

Taufika, Ryan, and Dwi Agustina Rahayu. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.” Seminar Nasional PKn UNNES 2, no. 1 (2018).

Usmi, Rianda. “Analisis Kewarganegaraan Global Dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan.” Journal of Civics and Moral Studies 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.26740/jcms.v8n1.p1-9.

UU Republik Indonesi No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (n.d.).

Wibowo, Arif Prasetyo, and Margi Wahono. “Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Memperkuat Multikulturalisme Di Indonesia.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 14, no. 2 (2017): 196–205.

Wong, Koon Lin, Eric King Man Chong, Wing Tat Leung, and Yan Wing Leung. “Experiential Learning for Civic Education: Typologies and Learning Outcomes.” Citizenship Teaching and Learning 17, no. 2 (2022). https://doi.org/10.1386/ctl_00090_1.

Yaqin, M. Ainul. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan. LKiS, 2015.

Yemini, Miri, Felisa Tibbitts, and Heela Goren. “Trends and Caveats: Review of Literature on Global Citizenship Education in Teacher Training.” Teaching and Teacher Education, 2019. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.09.014.

Zakiyah, Q.Y, and Rusdiana. Pendidikan Nilai: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penguatan Karakter dan Kesadaran Global Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 189-200. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.525.189-200