Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ruma Mubarak Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Triyo Supriyatno Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Samsul Susilawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.522.111-117

Keywords:

Strategi PAIKEM, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Dalam pembelajaran terdapat beberapa komponen yang berpengaruh dalam proses pembelajaran pendidikan agama, yang salah satunya adalah metode pembelajaran agama. Selama ini, metode pembelajaran agama Islam yang diterapkan masih mempertahankan cara-cara lama seperti ceramah, menghafal dan demonstrasi praktik-praktik ibadah yang tampak kering. Cara-cara seperti itu diakui atau tidak membuat peserta didik bosan, jenuh dan kurang bersemangat dalam belajar agama. Sebagai alternatif untuk meningkatkan mutu pendidikan, guru dapat menerapkan strategi PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan strategi PAIKEM guru dan siswa di harapkan sama-sama aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji secara teoretis dan aplikatif penerapan strategi PAIKEM dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif jenis riset studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan Strategi PAIKEM dalam meningkatkan Pembelajaran PAI ini mencakup beberapa hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta, 2002.

Aswan. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Burhan, Bungin. Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: Raja Grafindo, 2007.

B. Uno, Hamzah. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi aksara, 2012.

Departemen Agama RI, Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Reseach II. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 2001.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group, 2009.

Ike Kurniati, Odik Sadikin, Ari Kurniawan. Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital. Banyumas: Amerta Media, 2020.

Meleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

Hardani, dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Nazir, Muhammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Siqid, Umar dan Miftahul C, Moh. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya, 2019.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Surachmad, Winarno. Dasar-Dasar dan Teknik Reseach. Jakarta: Tarsito, 2005.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam 1untuk IAIN, STAIN, PTAIS. Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Downloads

Published

2025-08-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2025). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(2), 111-117. https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.522.111-117