Transformasi Nilai Karakter di Era Digital: Pendekatan Integratif untuk Pendidikan Berbasis Teknologi

Authors

  • Muhammad Taufiqurrahman STIT Raden Wijaya Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.521.152-159

Keywords:

Era Digital, Guru, Pendekatan Integratif, Pendidikan Karakter, Teknologi Pendidikan

Abstract

Pendidikan karakter menjadi kunci dalam menghadapi tantangan moral era digital, di mana peserta didik tidak hanya mengakses informasi, tetapi juga menciptakan konten digital yang menuntut tanggung jawab etis. Terdapat kesenjangan antara kurikulum karakter dan realitas digital yang dihadapi siswa, terutama dalam integrasi nilai seperti integritas, empati, dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui studi literatur untuk mengkaji pendekatan integratif dalam pendidikan berbasis teknologi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggabungan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran digital dapat memperkuat internalisasi nilai karakter. Media seperti LMS, media sosial edukatif, dan gamifikasi terbukti efektif menyampaikan nilai secara bermakna. Namun, masih ada kendala seperti rendahnya literasi digital guru, ketimpangan infrastruktur, dan minimnya pelatihan karakter berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fink, A. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper (4th ed.). Thousand Oaks: SAGE Publications, 2014.

Hendriyati Haryani, Syahrul MuArif Wahid, Anandha Fitriani, dan Muhammad faris Ariq. “Analisa Peluang Penerapan Teknologi Blockchain dan Gamifikasi pada Pendidikan.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.34306/mentari.v1i2.250.

Hidayat, Roby Dwi. “Pembelajaran Sejarah Berbasis Isu-Isu Kontroversial di Media Massa Untuk Meningkatkan Kesadaran Demokrasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2015/2016,” 2016.

Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. “Laporan Survei Internet APJII 2023.” Jakarta, 2023.

Khery, Yusran, Baiq Asma Nufidaa, Sukainil Ahzan, Ismail Efendi, Fourin Indhira Megapratiwi, I Wayan Dasna, dan Yulia Hidayati. “Pelatihan PTK dengan Model Pembelajaran Proyek dan Blended Learning untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Peningkatan Kinerja Guru.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7, no. 4 (2022): 681–89.

Lickona, T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.

Nucci, L. P., Narvaez, D., & Krettenauer, T. Handbook of Moral and Character Education (2nd ed.). New York: Routledge, 2014.

Nurgiansah, M. F., & Yusuf, S. “Digital Moral Challenges among Indonesian Students.” Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 3 (2020): 403–16.

Ridwan, M. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Digital: Studi Teoritis.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2021): 55–68.

Sabiq, Id Id Sayyid. “PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL PUTRA KABUPATEN BANDUNG BARAT.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.

Silvester, Silvester, Totok Victor Didik Saputro, dan Blasius Manggu. “Pendampingan Literasi Digital Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 9, no. 4 (2024): 918–929. https://doi.org/10.36312/linov.v9i4.2276.

Wiranti, Ni Ketut Ayu, Dewa Ayu Eka Agustini, dan Putu Adi Krisna Juniarta. “The Character Education through Moral-Philosophical Approach of The Wonderful Wizard of Oz Novel for Indonesian Student.” Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management (HUSOCPUMENT) 1, no. 3 (2021): 139–46.

Yanuarti, Rica, dan Rusman Rusman. “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh guru di sekolah penerima Universal Service Obligation (USO).” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 11, no. 2 (2019): 69–83.

Downloads

Published

2024-08-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Transformasi Nilai Karakter di Era Digital: Pendekatan Integratif untuk Pendidikan Berbasis Teknologi. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(2), 152-159. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.521.152-159