Generasi Z dan Resistensi terhadap Pancasila: Dekonstruksi Narasi Krisis Berdasarkan Social Identity Theory
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.520.77-86Keywords:
Generasi Z, Pancasila, Resistensi Simbolik, Identitas Sosial, Era DigitalAbstract
Pancasila menghadapi tantangan baru di era digital, terutama di kalangan Generasi Z yang tumbuh dalam lingkungan media sosial. Generasi ini cenderung menunjukkan resistensi terhadap simbol ideologis formal, yang sering disalahartikan sebagai krisis ideologi. Namun, resistensi tersebut lebih tepat dilihat sebagai pergeseran identitas sosial dari negara ke komunitas digital. Studi ini mendekonstruksi narasi krisis ideologi dan menganalisis relasi Gen Z dengan nilai-nilai Pancasila menggunakan pendekatan Social Identity Theory melalui metode literature review. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti keadilan sosial, kemanusiaan, dan demokrasi masih hadir dalam kesadaran Gen Z, meskipun tidak selalu terasosiasi langsung dengan Pancasila. Tantangan utama terletak pada cara negara mengkomunikasikan ideologi tersebut. Diperlukan pendekatan pendidikan Pancasila yang lebih kontekstual, digital, dan partisipatif agar sesuai dengan identitas sosial Generasi Z.
Downloads
References
Abdurrahman Wahid. “Inovasi Kurikulum Pesantren Untuk Abad Ke-21.” Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi 19, No. 2 (2021): 56–72.
Ali Mufron. “Tranformasi Pondok Pesantren: Upaya Merawat Tradisi Dan Modernisasi Sistem Pesantren Di Era Disrupsi.” Tarbawi Ngabar: Journal Of Education. Vol. 1, 2020.
Azizi, Musaqi. “Strategi Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Potensi Santri Berwirausaha (Studu Kasus Pendidikan Vokasional Di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan-Jawa Timur),” 2020, 53–54.
Azzumazri Azra. “Pesantren Dan Tantangan Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Islam 35, No. 1 (2020): 45–56.
Burhanuddin Afid, Mukodi. “DIALEKTIKA KEILMUAN PONDOK TREMAS DALAM PERSPEKTIF GENDER,” 2015.
Hadi, Abd Rohmani. “TRANSFORMASI SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 6, No. 2 (2017). Www.Pikiran-Rakyat.Com.
Hasanah, U. “Digitalisasi Pendidikan Di Pesantren; Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Islam Modern 12, No. 2 (2020): 89–103.
Hengky Ristanto. “Tremas Urutan Ke-15 Ponpes Tertua Versi PBNU.” Https://Radarmadiun.Jawapos.Com/Pacitan, 2024.
Jatim.Nu.Or.Id. “Sejarah Pondok Tremas Pacitan, Penerima Anugrah Pesantren Tua Dari PBNU.” Jatim.Nu.Or.Id, 2023.
Juliansyah Noor, S.E.M.M. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group, 2016. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Vna-Dwaaqbaj.
M. Suyudi, And Fitri Hidayati. “Implementasi Kurikulum Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Pondok Pesantren Tremas Pacitan.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, No. 1 (2021): 65–75. Https://Doi.Org/10.62775/Edukasia.V2i1.37.
Merdeka.Com. “Mengunjungi Pondok Pesantren Tremas Pacitan Di Dirikan Santri Indinesia Pertama Yang Belajar Di Al-Azhar Mesir,” 2024.
Miles, M B, A M Huberman, And J Saldana. Qualitative Data Analysis. SAGE Publications, 2014. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=3cnrubtu6csc.
Muaz. “Transformasi Dan Inovasi Kepemimpinan Di Pondok Pesantren.” Jurnal Tahsina, No. Vol.4 No. 2 Oktober, Hal 118-133 (2023).
Mulyani, S.. “Ekonomi Berbasis Pesantren: Studi Kasus Pada Pesantren Mandiri Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Islam 15, No. 2 (2020): 145–60.
Mulyati, Iis, Mohammad Mansyuruddin, Adrianus Adrianus, Yohanes Bahari, And Warneri Warneri. “Proses Difusi Inovasi Dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, No. 6 (2023): 2425–33. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i6.5769.
Naufal Azzam Zauhari. “Moderasi Islam Di Pondok Pesantren Tremas Pacitan,” 2020.
Nurdin, Ahmad. “Pesantren Dalam Era Digital: Mengembangkan Literasi Teknologi Untuk Generasi Muda.” Journal Of Islamic Education 22, No. 4 (2021): 131–48.
Pondoktremas.Com/Pengasuh. “Periode Kepemimpinan.” Pondoktremas.Com/Pengasuh, 2024.
Rahman Abdul. “Transformasi Dakwah Pesantren Melalui Media Digital.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 17, No. 1 (2022): 23–37.
Ridwan Maulana Rifqi Muzakky, Rijaal Mahmuudy, And Andhita Risko Faristiana. “TRANSFORMASI PESANTREN MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL 4.0.” ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora 1, No. 3 (June 11, 2023): 241–55. Https://Doi.Org/10.59246/Aladalah.V1i3.371.
Sahlberg, P. Finnish Lesson 2.0: What Can The World Learn From Educational Change In Finland?, 2015.
Samsudin. “TANTANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DISRUPSI.” Conference On Islamic Studies (Cois), 2019.
Shulhan, Shulhan. “TRANSFORMASI MODERNISASI PESANTREN SALAF.” Jurnal Perspektif 14, No. 2 (July 19, 2021): 297–311. Https://Doi.Org/10.53746/Perspektif.V14i2.54.
Sudaryono. “Metode_Penelitian_Pendidikan,” 2016.
Syamsul Ma’arif. “Manajemen Pesantren Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 18, No. 3 (2019): 221–30.
Versal Roni. “Transformasi Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa.” Tunasmalang.Id/Transformasi Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa/, 2024.
“Wawancara Kepada Asatidz Di Perguruan Islam Pondok Tremas,” 2024.
Yusron, M., & Hakim. “Pengembangan Unit Pesantren Dan Kontribusinya Terhadap Kemandirian Ekonomi.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 9, No. 1 (2021): 52–64.
Yusud Arifai. “Mengenal KH Ali Manshur, Pencipta Shalawat Badar Yang Kini Jadi Mars Nu.” Times Indonesia.Co.Id, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Taufiqurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.