Neurospiritualitas dalam Pendidikan Karakter: Antara Kognisi, Moralitas, dan Pengembangan Diri
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.517.128-139Keywords:
neurospiritualitas, pendidikan karakter, kognisi, moralitas, pengembangan diriAbstract
Artikel ini merupakan hasil dari penelitian yang mengkaji neurospiritualitas sebagai kerangka interdisipliner yang memadukan neurosains kognitif, psikologi moral, dan filsafat pendidikan Islam dalam rangka memperkuat pendidikan karakter. Penelitian ini difokuskan pada tiga pertanyaan pokok: (1) bagaimana relasi antara neurospiritualitas dan perkembangan kognitif dalam pendidikan karakter? (2) sejauh mana pengaruh neurospiritualitas terhadap moralitas individu? dan (3) bagaimana pendekatan neurospiritualitas dapat diterapkan secara praktis dalam mendukung pengembangan diri peserta didik? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan dokumentasi berbasis studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data dan pendekatan hermeneutik-filosofis sebagai dasar analisis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengalaman spiritual berpengaruh langsung terhadap aktivitas neurologis, khususnya pada korteks prefrontal dan sistem limbik —dua area yang berkaitan dengan empati, regulasi emosi, dan pengambilan keputusan moral. Analisis terhadap pemikiran Al-Ghazali, Ibn Sina, Ibn Miskawayh, dan tokoh-tokoh lainnya memperkuat temuan ini, dengan menekankan pentingnya integrasi antara akal dan jiwa dalam pembentukan akhlak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter berbasis neurospiritualitas tidak hanya menawarkan pendekatan yang lebih menyeluruh dan ilmiah, tetapi juga mampu mengisi kekosongan makna dalam pendidikan kontemporer yang selama ini cenderung terjebak pada pendekatan kognitif dan normatif semata.
Downloads
References
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC, 1991.
Al-Ghazālī, Abū Hāmid. Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn. Terjemahan oleh Nabih Amin Faris. Beirut: Dār al-Ma‘rifah, 2005.
Beauregard, Mario, dan Denyse O’Leary. The Spiritual Brain: A Neuroscientist’s Case for the Existence of the Soul. New York: HarperOne, 2007.
Coles, Robert. The Moral Life of Children. Boston: Atlantic Monthly Press, 1986.
Creswell, John W., dan Cheryl N. Poth. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Edisi ke-4. Thousand Oaks, CA: Sage, 2018.
Davidson, Richard J., dan Sharon Begley. The Emotional Life of Your Brain. New York: Penguin Group, 2012.
Emmons, Robert A., dan Raymond F. Paloutzian. “The Psychology of Religion.” Annual Review of Psychology 54 (2003): 377–402. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.54.101601. 145024
Fowler, James W. Stages of Faith: The Psychology of Human Development and the Quest for Meaning. New York: HarperOne, 1981.
Gilligan, Carol. In a Different Voice: Psychological Theory and Women’s Development. Cambridge, MA: Harvard University Press, 1982.
Husserl, Edmund. The Crisis of European Sciences and Transcendental Phenomenology. Terjemahan oleh David Carr. Evanston, IL: Northwestern University Press, 1970.
Ibn Miskawayh. Tahdhīb al-Akhlāq wa Taṭhīr al-A‘rāq. Suntingan oleh Constantine Zurayk. Beirut: Dār al-Fikr al-Lubnānī, 1985.
Ibn Sina. “Al-Nafs.” Al-Shifā’. Suntingan oleh F. Rahman. Oxford: Oxford University Press, 1959.
Jensen, Eric. Teaching with the Brain in Mind. Edisi 2. Alexandria, VA: ASCD, 2005.
Kapogiannis, Dimitrios, dkk. “Neuroanatomical Variability of Religiosity.” PLOS ONE 4, no. 9 (2009): e7180. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0007180
Koenig, Harold. Spirituality and Health Research: Methods, Measurement, Statistics, and Resources. West Conshohocken, PA: Templeton Press, 2011.
Kohlberg, Lawrence. “The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice.” Essays on Moral Development. Vol. 1. San Francisco: Harper & Row, 1981.
Lazar, Sara W., Catherine E. Kerr, Rachel H. Wasserman, dkk. “Meditation Experience Is Associated with Increased Cortical Thickness.” NeuroReport 16, no. 17 (2005): 1893–1897. http://dx.doi.org/10.1097/01.wnr.0000186598.66243.19
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.
Miller, Lisa. The Spiritual Child: The New Science on Parenting for Health and Lifelong Thriving. New York: St. Martin’s Press, 2015.
Nata, Abuddin. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Newberg, Andrew B. How God Changes Your Brain: Breakthrough Findings from a Leading Neuroscientist. New York: Ballantine Books, 2009.
Newberg, Andrew B. Neurotheology: How Science Can Enlighten Us About Spirituality. New York: Columbia University Press, 2018.
Patton, Michael Quinn. Qualitative Research & Evaluation Methods. Edisi 3. Thousand Oaks, CA: Sage, 2002.
Peters, R. S. Ethics and Education. London: Allen & Unwin, 1966.
Ricoeur, Paul. Interpretation Theory: Discourse and the Surplus of Meaning. Fort Worth, TX: Texas Christian University Press, 1976.
Stone Sunstein, Bonnie, dan Elizabeth Chiseri-Strater. FieldWorking: Reading and Writing Research. Edisi 4. Boston: Bedford/St. Martin’s, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anas Amin Alamsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.