Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Teori Konstruktivisme pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.508.87-97Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam, Teori KonstruktivismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan teori konsruktivisme terhadap pembelajaran berdiferensiasi, serta penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research, yakni penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan berbagai sumber, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel penelitian, dan dokumen-dokumen resmi yang terkait membahas teori konsruktifisme, pembelajaran berdiferensiasi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil dari penelitian ini, peserta didik dapat mengkonstruksikan pemahamannya melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran adalah suatu pendekatan di mana peserta didik harus secara individual menemukan dan menstransformasikan informasi yang kompleks, memeriksa informasi dengan aturan yang ada dan memperbaiki bila perlu. Sedangkan pembelajaran berdiferensiasi merupakan satu cara untuk guru memenuhi kebutuhan setiap peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya masing-masing sehingga mereka tidak frustasi dan merasa gagal dalam pengalaman belajarnya. Walapun bukan hal baru dalam pembelajaran, namun penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada maa pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) hanya terbatas untuk mengukur hasil belajar.
Downloads
References
Abdulah, Abdulah, and Muhammad Nur Wangid. “Needs Analysis of Interactive Multimedia Based on Drill and Practice to Improve Motivation and Critical Reading Skills in Elementary Schools.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6, no. 3 (2021): 356. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14611.
Ahmad Teguh Purwanto. “Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 2, no. 1 (2023): 34–54. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283.
Albina, Meyniar, Ardiyan Safi’i, Mhd. Alfat Gunawan, Mas Teguh Wibowo, Nur Alfina Sari Sitepu, and Rizka Ardiyanti. “Model Pembelajaran Di Abad Ke 21.” Warta Dharmawangsa 16, no. 4 (2022): 939–55. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446.
Armadani, Annisa. “Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal CERDAS Proklamator 12, no. 1 (2024): 55–64.
Ayu Irnadianis Ifada. “Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 4, no. 2 (2024): 447–60.
Azmy, Bahauddin, and Arif Mahya Fanny. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Pendahuluan.” Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (2023): 217–23.
Dendy Sugono, Dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Desy Wahyuningsari. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2, no. 04 (2022): 529–35.
Dini Husniah Nurdini. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Asaatidzah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2021): 124–38.
Fauzia, Redhatul, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Educatio 9, no. 3 (2023): 1608–16. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323.
Firmansyah, Iman, Mokh. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): 79–90.
Fitriyah, Moh Bisri. “Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar Manajemen Pendidikan Islam , Universitas Islam Negeri ( UIN ) Raden Mas Said Surakarta 1 , 2.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 9, no. 2 (2023).
Habbah, E S M, E N Husna, Y Yantoro, and ... “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Holistika: Jurnal Ilmiah …, no. 85 (2023). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/16719%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/16719/8715.
Haluti, Farid, Erniwati La Abute, Jumariah, Masrion Tahawali, and Sukmawati. “Penerapan Metode Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Damhil Education Journal 3 (2023): 85–92. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2296.
Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’ 8, no. 1 (2014): 68–73.
Kharisma Anjelita, Achmad Supriyanto. “Teori Belajar Konstruktivistik Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar.” Jurnal Citra Pendidikan Anak 3 (2024): 916–22.
Khusnul Auliyah, Suwarno, Uswatun Chasanah, Ramsah Ali. “Student Centered Learning In Surah Thaha 17-18 And It ’ s Implication In Islamic Boarding School Education.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), no. 02 (2021): 4887–99.
Maura Trynovita Sakliressy. “Deskripsi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMA YPPK Teruna Bakti.” Journal of Education Papua Baru 1, no. 2 (2023): 16–24.
Naibaho, Dwi Putriana. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1, no. 2 (2023).
Nerita, Siska, Azwar Ananda, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri, Departemen Ilmu, Sosial Politik, Universitas Negeri, et al. “Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Edication and Development 11, no. 2 (2023): 292–97. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634.
Pitaloka, H, and M Arsanti. “Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, no. November (2022): 2020–23. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283.
Rukmi, Dian Aprelia, Ana Firotun Nisa, Armi Yustina, Desti Vitriani, Siwi Nurhayati, Pendidikan Dasar, Universitas Sarjanawiyata, and Tamansiswa Yogyakarta. “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI SISWA SD Dian.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 4 (2023): 798–810.
Saefiana, Saefiana, Fitri Dini Sukmawati, Rahmawati Rahmawati, Dira Ayu Miranda Rusnady, Sukatin Sukatin, and Syaifuddin Syaifuddin. “Teori Pembelajaran Dan Perbedaan Gaya Belajar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2022): 150–58. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3976.
Suparlan. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2019): 79–88.
Suwarno, Ramadan, Susanti Arian Fitri. “Potential and Problem in Learning Tahsin Al-Qur’an to Improve Students’ Ability to Read Al-Qur’an.” LITERATUS Vol. 4, no. Nomor 1 (2022): 82–86.
Suwarno. “Pendekatan Kebijakan Publik Dalam Politik Pendidikan Islam.” Jurnal As-Salam 1, no. 1 (2016): 62–72.
Suwarno, Muhammad Hatta, Mahdalena, and Muhammad Almi Hidayat. “Using Tahsin Al-Qur’an Based on Self-Regulated Learning to Improve Students’ Capabilities in Reading The Al-Qur’an.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 2 (2024): 121–35. https://doi.org/10.19109/td.v28i2.20027.
Suwarno, Suwarno, Akrima Dini, Maulida Yani, Sahria Nurul Yana, and Susilawati Susilawati. “Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 124–39. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108.
Syafir, Muh., Ramlan Mahmud, and Ediaman. “Teori Belajar Skinner.” Jurnal Sigma: Suara Intelektual Gaya Matematika 1 (2021): 57. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/7205/pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misnatun Misnatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.