Optimalisasi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Bagus Indra Ardian STIT Muhammadiyah Paciran
  • Suharsono Suharsono Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran, Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.504.164-174

Keywords:

efektivitas, interaktivitas, pembelajaran PAI, pendidikan digital, teknologi

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan studi literatur, wawancara, dan observasi untuk memetakan praktik, tantangan, dan strategi integrasi teknologi pada pembelajaran PAI. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola pemanfaatan teknologi dan prasyarat keberhasilannya. Integrasi teknologi seperti Learning Management System (LMS), aplikasi interaktif, media sosial, dan platform video meningkatkan motivasi belajar, memperluas akses sumber belajar, serta memfasilitasi interaksi guru–siswa. Strategi gamifikasi dan augmented reality (AR) memperkuat pemahaman konsep keagamaan. Hambatan utama meliputi keterbatasan infrastruktur, kesiapan guru, dan kesenjangan digital. Optimalisasi teknologi PAI menuntut pendekatan strategis dan kontekstual melalui pelatihan berkelanjutan bagi guru, penguatan infrastruktur, serta kolaborasi pemangku kepentingan. Temuan menegaskan potensi besar teknologi untuk mendukung pembelajaran PAI yang efektif dan interaktif, dengan syarat implementasi adaptif yang selaras dengan konteks pendidikan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rayhani Et.Al, ‘Pengembangan Teknologi Dalam Desain Pembelajaran Pai’, 1805, 615–24

Asiva Noor Rachmayani, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multidispliner (Dialektika Konsep Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya) *Septyana’, 2015, 6

Bitu, Yuliana Sesi, Agustina Purnami Setiawi, Fransiskus Ghunu Bili, Sri Astuti Iriyani, Nova Supriyedi Patty, Program Studi Pgpaud, And Others, ‘Pembelajaran Interaktif : Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Pendahuluan Pembelajaran Interaktif Merupakan Pendekatan Yang Mengintegrasikan Penggunaan Teknologi Dan Metode Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Belajar M’, 5.2 (2024), 193–98

Dalimunthe, Dewi Shara, ‘Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-Nilai Spiritual, Etika, Dan Pemahaman Keislaman Dalam Konteks Modern’, Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2023), 75–96

Efendi, Zul, ‘Pemilihan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Efektif Di Kampus Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi’, 1.4 (2024)

Farikhin, Farikhin, Asep Saepul Hamdani, And Irma Soraya, ‘Fleksibilitas Asynchronous Learning Berbasis Android Sebagai Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama’, Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12.2 (2022), 101–12

Fatkhulloh, Moch., And Mardiyah Mardiyah, ‘Implementasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pai Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11.1 (2023), 28–49

Fikriyah, Siti Nur, ‘Optimalisasi Penggunaan Teknologi Android Dalam Pembelajaran Untuk Mengurangi Dampak Learning Loss’, 1.1 (2023), 39–50

Hasibuan, Sulhan Efendi, Sofia Marini Rambe, Nurlan Saima Nasution, And Fadhilah Khairany Ritonga, ‘Penggunaan Media Digital Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Ilmiah Majalah Pendidikan Dan Dakwah, 1.1 (2024), 40–54

Khofifah, Khofi, Nur Rahma Putri, Fitotul Jannah, And Nita Yuli Astuti, ‘Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4.2 (2024), 218–23

Maftuhah, Khozin, Moh. Nurhakim, ‘The Rahmatal Lil Alamien Islamic Education Paradigm In Various Perspectives’, 9.1 (2024), 391–402

Maftuhah, ‘Strategi Pengembangan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif’, Progressa, 2024, 123–31

Maftuhah, Ikhwanuddin, ‘Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Melalui Pendekatan Inovatif: Menyongsong Generasi Z’, 08.02 (2024)

Mahbuddin, Ahmad Nur Ghofir, ‘Model Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 3.2 (2020), 183–96

Maisura, Maisura, Yury Ulandary, Nerru Pranuta Murnaka, Devi Syukri Azhari, Leni Erliana, And Edi Ahyani, ‘Strategi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Di Era Digital’, Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 4.3 (2023), 2733–47

Munawaroh, N, H Ainissyifa, And ..., ‘Penggunaan Aplikasi Android Dengan Inspring Suite 10 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Media …, 4.1 (2024) https://Medikom.Fkominfo.Uniga.Ac.Id/Index.Php/Medikom/Article/Download/278/52>

Murtado, Dodo, I Putu Agus Dharma Hita, Dhety Chusumastuti, Siti Nuridah, Akhmad Haqiqi Ma’mun, And M. Daud Yahya, ‘Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas’, Journal On Education, 6.1 (2023), 35–47

Odriani Musdalifa Et.Al, ‘Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Untuk Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital’, 8.10 (2024), 27–34

Permata, Endi, Yus Rama Denny M, Irwanto, And Mohammad Fatkhurrokhman, ‘Pelatihan Komputer Microsoft Office Dan Media Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sdit Al Muhajirin’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5.2 (2021), 413–20

Riolandi Akbar, Boby Hendro Wardono, Rizki Ramadhani, And Ponidi Sunaryo, ‘Upaya Peningkatan Akhlak Melalui Optimalisasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 30 Bengkulu Selatan’, Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3.1 (2022), 73–79

Rm, Rohani, ‘Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam : Tantangan Dan Peluang’, 1.3 (2024)

Ruslan Afendi, Achmad, Nurul Fauziyah, Muhammad Rohan Saputra, And Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, ‘Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Dalam Mata Pelajaran Pai Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital’, Borneo Journal Of Islamic Education, 3.1 (2023), 2023

Syafa, Nanda Zahira, And Mukhrij Sidqy Mukhrij Sidqy, ‘Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menyusun Strategi Efektif Untuk Pembelajaran Aktif’, Fikrah : Journal Of Islamic Education, 8.1 (2024), 110

Tahir, Muhammad Sakti, Aswan Aswan, And M. Makbul, ‘Optimalisasi Pembelajaran Pai Berbasis Literasi Digital Di Sd It Plus Qurthuba Makassar’, Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8.01 (2024), 11–25

Taufik, Taufik, And Syafaatul Udhmah, ‘Optimalisasi Potensi Pemanfaatan Open Education Resources Pada Pembelajaran Agama Islam’, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5.2 (2021), 120–34

Wulandari, Ida Ayu Gde, I Made Putra Aryana, And I Gede Eka Surya Kanta, ‘Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu’, Japam (Jurnal Pendidikan Agama), 2.02 (2022), 138–47

Wulandari, Nia, And Hayat Sholihin, ‘Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Melalui Evaluasi Media Digital: Tantangan Dan Peluang Di Era Digital’, Tjyybjb.Ac.Cn, 27.2 (2019), 58–66

Yusuf, M, And Niken Ristianah, ‘Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Artificial Intelligence ( Ai ) Dalam Mewujudkan Pendidikan Islam Yang Adaptif’, 11.2 (2023), 116–27

Zahfa, Faiz, Bella Charisma, Bintang Zahrani, Nurul Afifah, And Email Penulis Korespondensi, ‘Faktor-Faktor Penghambat Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Sekolah Di Indonesia’, 02 (2025), 252–61

Downloads

Published

2025-08-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Optimalisasi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2025). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(2), 164-174. https://doi.org/10.32616/pgr.v9.2.504.164-174