Tranformasi Kelembagaan Pesantren Tremas Adaptasi dan Inovasi di Era Digital

Authors

  • Khoeron Khoeron Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan
  • Maftuhah Maftuhah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran
  • Tobroni Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Faridi Faridi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.501.63-76

Keywords:

Inovasi Pesantren, Transformasi Kelembagaan, Era Digital

Abstract

Pesantren Tremas Pacitan, salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, telah berkontribusi signifikan dalam pembentukan ulama dan tokoh agama selama lebih dari dua abad. Namun, arus modernisasi dan perkembangan global menimbulkan tantangan besar dalam menjaga relevansi dan efektivitas perannya sebagai institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis transformasi kelembagaan Pesantren Tremas melalui adaptasi kurikulum, teknologi, kemandirian ekonomi, dan manajemen kelembagaan untuk merespons tantangan tersebut. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren telah mengintegrasikan pendidikan agama dan umum, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan dakwah digital, mengembangkan unit usaha mandiri, serta mengadopsi praktik manajemen modern. Meskipun terdapat hambatan berupa resistensi perubahan dan keterbatasan infrastruktur, transformasi ini memperkuat daya saing pesantren di era globalisasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adaptasi strategis tersebut dapat menjadi model bagi pesantren lain dalam menjaga keseimbangan antara inovasi dan pelestarian nilai tradisional Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Wahid. “Inovasi Kurikulum Pesantren Untuk Abad Ke-21.” Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi 19, No. 2 (2021): 56–72.

Ali Mufron. “Tranformasi Pondok Pesantren: Upaya Merawat Tradisi Dan Modernisasi Sistem Pesantren Di Era Disrupsi.” Tarbawi Ngabar: Journal Of Education. Vol. 1, 2020.

Azizi, Musaqi. “Strategi Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Potensi Santri Berwirausaha (Studu Kasus Pendidikan Vokasional Di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan-Jawa Timur),” 2020, 53–54.

Azzumazri Azra. “Pesantren Dan Tantangan Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Islam 35, No. 1 (2020): 45–56.

Burhanuddin Afid, Mukodi. “DIALEKTIKA KEILMUAN PONDOK TREMAS DALAM PERSPEKTIF GENDER,” 2015.

Hadi, Abd Rohmani. “TRANSFORMASI SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 6, No. 2 (2017). Www.Pikiran-Rakyat.Com.

Hasanah, U. “Digitalisasi Pendidikan Di Pesantren; Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Islam Modern 12, No. 2 (2020): 89–103.

Hengky Ristanto. “Tremas Urutan Ke-15 Ponpes Tertua Versi PBNU.” Https://Radarmadiun.Jawapos.Com/Pacitan, 2024.

Jatim.Nu.Or.Id. “Sejarah Pondok Tremas Pacitan, Penerima Anugrah Pesantren Tua Dari PBNU.” Jatim.Nu.Or.Id, 2023.

Juliansyah Noor, S.E.M.M. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group, 2016. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Vna-Dwaaqbaj.

M. Suyudi, And Fitri Hidayati. “Implementasi Kurikulum Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Pondok Pesantren Tremas Pacitan.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, No. 1 (2021): 65–75. Https://Doi.Org/10.62775/Edukasia.V2i1.37.

Merdeka.Com. “Mengunjungi Pondok Pesantren Tremas Pacitan Di Dirikan Santri Indinesia Pertama Yang Belajar Di Al-Azhar Mesir,” 2024.

Miles, M B, A M Huberman, And J Saldana. Qualitative Data Analysis. SAGE Publications, 2014. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=3cnrubtu6csc.

Muaz. “Transformasi Dan Inovasi Kepemimpinan Di Pondok Pesantren.” Jurnal Tahsina, No. Vol.4 No. 2 Oktober, Hal 118-133 (2023).

Mulyani, S.. “Ekonomi Berbasis Pesantren: Studi Kasus Pada Pesantren Mandiri Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Islam 15, No. 2 (2020): 145–60.

Mulyati, Iis, Mohammad Mansyuruddin, Adrianus Adrianus, Yohanes Bahari, And Warneri Warneri. “Proses Difusi Inovasi Dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, No. 6 (2023): 2425–33. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i6.5769.

Naufal Azzam Zauhari. “Moderasi Islam Di Pondok Pesantren Tremas Pacitan,” 2020.

Nurdin, Ahmad. “Pesantren Dalam Era Digital: Mengembangkan Literasi Teknologi Untuk Generasi Muda.” Journal Of Islamic Education 22, No. 4 (2021): 131–48.

Pondoktremas.Com/Pengasuh. “Periode Kepemimpinan.” Pondoktremas.Com/Pengasuh, 2024.

Rahman Abdul. “Transformasi Dakwah Pesantren Melalui Media Digital.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 17, No. 1 (2022): 23–37.

Ridwan Maulana Rifqi Muzakky, Rijaal Mahmuudy, And Andhita Risko Faristiana. “TRANSFORMASI PESANTREN MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL 4.0.” ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora 1, No. 3 (June 11, 2023): 241–55. Https://Doi.Org/10.59246/Aladalah.V1i3.371.

Sahlberg, P. Finnish Lesson 2.0: What Can The World Learn From Educational Change In Finland?, 2015.

Samsudin. “TANTANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DISRUPSI.” Conference On Islamic Studies (Cois), 2019.

Shulhan, Shulhan. “TRANSFORMASI MODERNISASI PESANTREN SALAF.” Jurnal Perspektif 14, No. 2 (July 19, 2021): 297–311. Https://Doi.Org/10.53746/Perspektif.V14i2.54.

Sudaryono. “Metode_Penelitian_Pendidikan,” 2016.

Syamsul Ma’arif. “Manajemen Pesantren Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 18, No. 3 (2019): 221–30.

Versal Roni. “Transformasi Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa.” Tunasmalang.Id/Transformasi Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa/, 2024.

“Wawancara Kepada Asatidz Di Perguruan Islam Pondok Tremas,” 2024.

Yusron, M., & Hakim. “Pengembangan Unit Pesantren Dan Kontribusinya Terhadap Kemandirian Ekonomi.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 9, No. 1 (2021): 52–64.

Yusud Arifai. “Mengenal KH Ali Manshur, Pencipta Shalawat Badar Yang Kini Jadi Mars Nu.” Times Indonesia.Co.Id, 2023.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Tranformasi Kelembagaan Pesantren Tremas Adaptasi dan Inovasi di Era Digital. (2025). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(1), 63-76. https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.501.63-76