Pembelajaran Kooperatif Berbasis Zona Proksimal untuk Mengatasi Kesenjangan Prestasi Bahasa Arab di SD Islam Insan Kamil Tuban

Authors

  • Mei Mutiara Cahyani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran
  • Maftuhah Maftuhah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.500.50-62

Keywords:

pembelajaran kooperatif, Zona Proksimal Perkembangan, kesenjangan prestasi, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas metode pembelajaran kooperatif dalam mengatasi kesenjangan prestasi belajar Bahasa Arab di sekolah tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif secara signifikan mendorong partisipasi aktif siswa, terutama bagi mereka yang sebelumnya kurang percaya diri.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah strategi yang efektif untuk menciptakan lingkungan kelas inklusif yang mendukung pemberdayaan semua siswa. Disarankan untuk lebih intensif mengembangkan dan mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif yang beragam serta menyediakan pelatihan berkelanjutan bagi guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiddin, Unsah, Hasbullah Hasbullah, And Sumaryoto Sumaryoto, ‘Pengaruh Presepsi Atas Model Pembelajaran Kooperatif Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Keterampilan Sosial Pada Siswa Mts Swasta Jakarta Timur’, Herodotus: Jurnal Pendidikan Ips, 2023 https://Doi.Org/10.30998/Herodotus.V5i3.11068

Aprizal Ahmad, Muh. Jafar, Hendri Hendri, Al-Qanit Qurba, And Resva Ingriza, ‘Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2022 https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2022.Vol7(2).11523

Budiharti, Rini, And Nur Ulfa Citra Devi, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Dalam Pembelajaran Fisika’, Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (Jmpf), 2016

Elok Nurmayahya, Muhamad Najibufahmi, And Rini Utami, ‘Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments Pada Prestasi Belajar Siswa’, Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2020 https://Doi.Org/10.36456/Buanamatematika.V10i2.2534

Humaidi, M Nurul, ‘Analysis Of Muhammadiyah Leadership In The Pre-Independence Period’, 9 (2024), 434–43

Hwang, Sung Il, Joon Seo Lim, Ro Woon Lee, Yusuke Matsui, Toshihiro Iguchi, Takao Hiraki, And Others, “Fire Of Prometheus” For Non-Native English-Speaking Researchers In Academic Writing?’, Korean Journal Of Radiology, 2023 https://Doi.Org/10.3348/Kjr.2023.0773

Jaya Wibawa, I Md. Adi, And I Md. Suarjana, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2019 https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i1.17665

Johnson, David W., And Roger T. Johnson, ‘An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory And Cooperative Learning’, Educational Researcher, 2009 https://Doi.Org/10.3102/0013189x09339057

Kuncoro, Irfan, ‘Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Efektivitas Pembelajaran’, Al Wafi: Journal Of Islamic Studies, 2023

Kusman, Muhammad, ‘Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu’, Jiem (Journal Of Islamic Education Management), 2019 https://Doi.Org/10.24235/Jiem.V3i2.5996

Lethulur, Nelma Dortje, And Wilmintjie Mataheru, ‘Komparasi Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks’, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2022 https://Doi.Org/10.30598/Jpmunpatti.V3.I1.P21-27

Lokat, Yanti Taba, Vidriana Oktoviana Bano, And Riwa Rambu Hada Enda, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Binomial, 2022 https://Doi.Org/10.46918/Bn.V5i2.1450

Maftuhah,‘Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 06 Brondong Lamongan’, Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2021), 219–30 https://Doi.Org/10.37286/Ojs.V7i2.105

Muhammadiyah, Universitas, ‘The Rahmatal Lil Alamien Islamic Education Paradigm In Various Perspectives’, 9 (2024), 391–402

Nazarova, Z, ‘Organization Of The Game Process Of Learning In The Preschool Education System’, Journalnx, 2020

Ningsih, Ari Yunita, Japar Japar, And Endang Wahyuningrum, ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Nht Vs Stad) Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar’, Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2022 https://Doi.Org/10.29210/30031831000

Nurhakim, Moh, ‘Revolutionizing Islamic Religious Education : Transforming Paradigms From Al-Azhar In Anticipation Of The Future’, 9 (2024), 529–40

Nurhalita, Nora, And Hudaidah Hudaidah, ‘Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Abad Ke 21’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021 https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.299

Prasetyo, Ary, And Sukarni, ‘Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Modern, 2022 https://Doi.Org/10.37471/Jpm.V7i2.347

Putri, Nurmala Setianing, Dadang Juandi, And Al Jupri, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2022 https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i1.1264

Septyabi, Jalu Abdi, And Nyoto Harjono, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri Bandarjo 02 Kabupaten Semarang’, Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2023 https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i11.3254

Siska, Hafni Yulia, Iswantir Iswantir, Arifmiboy Arifmiboy, And Salmi Wati, ‘Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 03 Tanjuang Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota’, Journal Of Educational Management And Strategy, 2022 https://Doi.Org/10.57255/Jemast.V1i1.48

Solecha, Solecha, And Cecep Sumarna, ‘Pengaruh Kompetensi Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu’, Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2023 https://Doi.Org/10.31949/Madinasika.V5i1.7210

Sriana, Jenni, And Sujarwo Sujarwo, ‘Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2022 https://Doi.Org/10.47662/Pedagogi.V8i1.245

Wulandari, Innayah, ‘Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran Mi’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2022 https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V4i1.1754

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pembelajaran Kooperatif Berbasis Zona Proksimal untuk Mengatasi Kesenjangan Prestasi Bahasa Arab di SD Islam Insan Kamil Tuban. (2025). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(1), 50-62. https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.500.50-62