Membangun Kecerdasan Spiritualitas dan Intelektualitas Santri dengan Balutan Multiple Intelegence
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.499.39-49Keywords:
Akademik, Kecerdasan Majemuk, Pendidikan Agama IslamAbstract
Salah satu pendekatan efektif dalam pembelajaran adalah model berbasis kecerdasan majemuk, yang berfokus pada pengembangan potensi individu secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran strategis pendidikan di pondok pesantren dalam membentuk karakter generasi muda yang seimbang antara kecerdasan spiritual dan intelektual. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Tujuannya adalah mengeksplorasi penerapan model berbasis kecerdasan majemuk ini dalam pendidikan agama Islam guna meningkatkan perkembangan spiritual dan intelektual santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini berdampak positif pada motivasi belajar santri serta menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis. Selain itu, pendekatan ini berkontribusi terhadap pembentukan karakter berbasis nilai-nilai Islam. Meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan metode adaptif dan fasilitas, model ini berpotensi memperkuat pendidikan Islam yang komprehensif, mendukung generasi yang beriman sekaligus unggul secara akademik.
Downloads
References
Abadi, David, dan Yahya Yulia Putra. “Keselarasan Islam dan Sains.” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 3, no. 2 (2020): 1–26.
Abidin, Zainal, dan Akhmad Sirojuddin. “Developing Spiritual Intelligence Through The Internalization of Sufistic Values: Learning From Pesantren Education.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 5, no. 2 (2024): 331–343.
Akbar, Ahmad, Raharjo Raharjo, Dadang Supriadi, Didin Wahidin, dan Hanafiah Hanafiah. “Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” Jurnal Pendidikan UNIGA 16, no. 2 (2023): 644.
Al-Zoubi, Samer Mahmoud. “Linguistic Intelligence of Academically Gifted University Students.” Theory and Practice in Language Studies 14, no. 10 (2024): 3074.
Azhari, Ainul, dan Husnul Hotimah. “FILOSOFI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT AL-GHAZALI : Integrasi Spiritualitas Dan Pengetahuan” 18, no. 1 (2024).
Chanifudin, Chanifudin, dan Tuti Nuriyati. “Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran.” ASATIZA: Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2020): 212–229.
Ghozali, Dzikrul Hakim, dan Silvia Nur Ujizah. “REKONSTRUKSI METODE MENGHAFAL DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE DI PONDOK PESANTREN” 6, no. April 2024 (2024): 529–544.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, dan Fahrudin Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018): 470.
Latifah, Latifah, dan Awad Awad. “Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” JIS: Journal Islamic Studies 1, no. 3 (2023): 391–398.
Mahmud, Salami, Riska Musfirah, dan Cut Nyak Marlina. “Integrating Howard Gardner’s Multiple Intelligences in Islamic Education: Antegrating Howard Gardner’s Multiple Intelligences in Islamic Education: A Systematic Review of Indonesian Practices” 12, no. 3 (2024): 1037.
Romadhina, Lailatul, I Nyoman, Ruja Program, Studi Pendidikan Profesi, Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Kecerdasan Majemuk, dan Howard Gardner. “A REFLECTIVE STUDY OF GARDNER’S MULTIPLE INTELLIGENCE (MI) THEORY: RELEVANCE AND ITS IMPLICATIONS FOR SOCIAL SCIENCE LEARNING Kata kunci.” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 4, no. 7 (2024): 2024.
Toisuta, Hasbollah, Saidin Ernas, dan Sri Ratna Dewi Lampong. “Knowledge Integration in Indonesian State Islamic Institutes and Universities: A Review.” International Journal of Islamic Thought 25 (2024): 27–36.
Zaini, Fu’ad, Fahrurrozi Fahrurrozi, Abdul Fattah, dan Muhammad Thohri. “The Perspective on Islamic Education is Examined Through The Book ‘Nahwa Tarbiyah Islamiyah’ By Hasan Muhammad Al- Syarqawi.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 1 (2024): 229–241.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lilih Solih Khatin, Fauzi Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.