Mendobrak Hambatan: Tantangan dan Strategi Mahasiswa Jurusan Non-Inggris dalam Menguasai Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.498.27-38Keywords:
Mahasiswa jurusan non-Inggris, Tantangan, Strategi, Kemahiran Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan strategi mahasiswa jurusan non-Inggris dalam menguasai bahasa Inggris, dengan menekankan pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa global dalam komunikasi, pendidikan, dan kemajuan karir. Terlepas dari meningkatnya permintaan akan kemahiran berbahasa Inggris, mahasiswa jurusan non-Inggris menghadapi tantangan yang unik, termasuk terbatasnya paparan, kurangnya motivasi, dan kesulitan pengucapan. Tantangan-tantangan ini diperparah dengan faktor psikologis seperti kecemasan dan keraguan diri. Untuk mengatasi hambatan ini, mahasiswa menggunakan berbagai strategi, termasuk pembelajaran mandiri, penggunaan teknologi dan aplikasi pembelajaran bahasa, dan praktik pembelajaran yang mendalam. Pembelajaran mandiri menumbuhkan disiplin dan motivasi, sementara teknologi, terutama platform seperti YouTube dan aplikasi seperti Duolingo, menyediakan sumber daya yang mudah diakses dan menarik. Pembelajaran imersif, melalui konsumsi media, interaksi sosial, dan praktik yang konsisten, meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis. Temuan ini menyoroti perlunya pendekatan yang disesuaikan untuk mendukung mahasiswa jurusan non-Inggris dalam mencapai kemahiran berbahasa Inggris, dengan menekankan peran perangkat digital, kolaborasi dengan teman sebaya, dan pengalaman imersif. Studi ini menggarisbawahi pentingnya mengatasi tantangan-tantangan ini untuk meningkatkan peluang akademis dan profesional siswa di dunia global.
Downloads
References
Clarke, Victoria, dan Virginia Braun. “Thematic analysis.” The Journal of Positive Psychology 12, no. 3 (4 Mei 2017): 297–98. https://doi.org/10.1080/17439760.2016.1262613.
Dabaghi, Azizollah, dan Mansoor Tavakoli. “A Comparison of the Effects of Corrections on Definite/Indefinite Articles and Regular/Irregular Past Tense Forms: A Case of Iranian EFL Learners.” Asian EFL Journal 11, no. 4 (2009): 90–113.
Dörnyei, Z. Mengajar dan Meneliti Motivasi. London: Pearson Education, 2001.
———. Psikologi Pelajar Bahasa: Perbedaan Individu dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, 2005.
Godwin-Jones, Robert. “Emerging technologies: Mobile apps for language learning.” Language Learning and Technology 15 (n.d.): 2–11.
Horwitz, Elaine. “Language anxiety and achievement.” Annual Review of Applied Linguistics 21 (1 Januari 2001): 112–26. https://doi.org/10.1017/S0267190501000071.
Krashen, Stephen D. Principles and Practice in Second Language Acquisition. London: Pergamon Press, 1982.
Lightbown, Patsy M, dan Nina Spada. How languages are learned. 5 ed. Oxford: Oxford University Press, 2021.
Loewen, Shawn. Introduction to Instructed Second Language Acquisition. 2 ed. Routledge, 2020. https://doi.org/10.4324/9781315616797.
Rao, M. Janardhana. “The Quest for Fluency: English Language Challenges for Non-Native Learners.” International Journal of English Literature and Social Sciences 9, no. 3 (2024): 469–72. https://doi.org/10.22161/ijels.93.59.
Sari, Farnia, Yunani Atmanegara, Jenny Elvinna Manurung, Helena Verusha Ali, dan Amaliah Amaliah. “Analyzing non-English major students’ needs, attitudes, and English language learning strategies.” Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities 11, no. 1 (31 Oktober 2023). https://doi.org/10.22373/ej.v11i1.19423.
Swain, M. “Communicative competence: Some roles of comprehensible input and comprehensible output in its development.” In Input in second language acquisition, diedit oleh C. Gass, S. & Madden, 235–53. Rowley, MA: Newbury House, 1985.
Wells, John Christopher. Accents of English. 1 ed. New York: Cambridge University Press, 1982.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Amalia Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.