Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI melalui Pendekatan Inovatif: Menyongsong Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.497.111-122Keywords:
Pembelajaran PAI, Pendekatan Inovatif, Generasi Z, Pembelajaran Interaktif, Teknologi dalam PendidikanAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa. Namun, dengan perkembangan teknologi dan karakteristik generasi Z yang lebih cenderung berorientasi pada teknologi dan pembelajaran berbasis interaktif, terdapat tantangan dalam meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran PAI. Salah satu solusi yang dapat diimplementasikan adalah penerapan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran aktif. Bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendekatan inovatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan menyesuaikan dengan kebutuhan generasi Z. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode berbasis teknologi dan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman agama, serta mengembangkan keterampilan Abad 21.
Downloads
References
Asiva Noor Rachmayani. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIDISPLINER (Dialektika Konsep Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya) *Septyana” (2015): 6.
Eko Purnomo, dan Novita Loka. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2023): 69–86.
Handayani, Anik, dan Henny Dewi Koeswanti. “Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1349–1355.
Hidayat, Fitria, dan Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (2021): 28–38.
Journal, Journal, dan Maftuhah. “Perjuangan Kesetaraan Gender Tokoh Wanita Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2019): 55–62.
Khodijah, Nyayu. “Reflective Learning sebagai Pendekatan Alternatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 6, no. 1 (2014): 180.
Kurnia, Agus, Jamaludin Jamaludin, Humamurizqi Humamurizqi, Muhammad Safruddin, dan M. Zainuddin Abdul Hafiz. “Pengembangan Karakter Islami Untuk Meningkatkan Partisipasi Generasi Z Dalam Pendidikan Formal Di Kek Mandalika.” Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial 18, no. 2 (2024): 303–315.
Kurniawan, Benny, Dwikoranto Dwikoranto, dan Marsini Marsini. “Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka.” Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan 2, no. 1 (2023): 27–36.
M, Nurhidaya, Ridhahani Fidzi, St Muthahharah Muthahharah, dan Zulfah Zulfah. “Konsep Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membekali Generasi Z.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 14, no. 3 (2024): 409.
Maftuhah, Maftuhah. “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 06 Brondong Lamongan.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2021): 219–230.
Marpaung, Roselina. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa.” Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan 1, no. 1 (2021): 16–22.
Masluhah, U. “Digitalisasi Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Generasi Z yang Islami.” EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya 4, no. 1 (2021): 30–37.
Nudin, Burhan. “Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11, no. 1 (2020): 63.
Prismanata, Yoga, dan Dewi Tinjung Sari. “FormulasiMedia Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfapada Era Society 5.0.” Proceeding of Integrative Science Education Seminar 2, no. April 2011 (2022): 44–58.
Priyambodo, Panggih. “Inovasi pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk untuk pengembangan peran sekolah di era 4.0.” Humanika 19, no. 2 (2020): 139–156.
Ramadhan, Iwan. “Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2021): 358–369.
Samsiadi, Samsiadi, dan M. Nurul Humaidi. “Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim.” Research and Development Journal of Education 8, no. 2 (2022): 666.
Sari, Maya, dan Ani Rosidah. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD.” Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia 2, no. 1 (2023): 8–17.
Supriyantomo, Nur Adi, dan Rizqi Tsalats Fauzan. “Virtual Reality (Vr) Dalam Pendidikan: Strategi Menyongsong Pendidikan Masa Depan Di Era Metaverse” 5 (2024): 6.
Timur, Jawa. “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Z Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains” 1, no. 1 (2023): 57–62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maftuhah Maftuhah, Ikhwannuddin Ikhwannuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.