Inovasi Pengembangan Karakter Islami dalam Konteks Global: Pendekatan Pragmatis untuk Tantangan Modern

Authors

  • Anas Amin Alamsyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.496.80-92

Keywords:

Inovasi pendidikan islami, pendidikan karakter, globalisasi, moderasi islami, pendekatan pragmatis

Abstract

Studi ini membahas bagaimana inovasi dalam pengembangan karakter islami berperan penting dalam menghadapi tantangan modern, seperti globalisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial-budaya. Di tengah meningkatnya sekularisasi dan pengaruh budaya asing, menjaga nilai-nilai islami, khususnya dalam dunia pendidikan, menjadi semakin mendesak. Studi ini berupaya mengidentifikasi berbagai inovasi yang sudah diterapkan di negara-negara muslim serta mengeksplorasi pendekatan pragmatis yang mampu mempertahankan nilai-nilai islami di era modern. Dengan menggunakan pendekatan kepustakaan berbasis digital, pendekatan kualitatif dan dan pendekatan deskriptif, studi ini menganalisis berbagai literatur dari artikel jurnal, buku elektronik, dan laporan kebijakan pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa teknologi digital, seperti aplikasi mobile dan platform e-learning, semakin digunakan untuk mempermudah penyampaian nilai-nilai islami secara interaktif kepada generasi muda muslim. Selain itu, pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan kontekstual juga terbukti efektif dalam menghubungkan nilai-nilai islami dengan situasi kehidupan sehari-hari, membuat pendidikan karakter islami lebih relevan dan mudah diaplikasikan. Kolaborasi internasional antara lembaga pendidikan Islam di berbagai negara juga menjadi kunci dalam memperkuat kurikulum dan metode pengajaran yang sesuai dengan tuntutan globalisasi. Studi ini juga menemukan bahwa pendekatan pragmatis, seperti penyesuaian terhadap modernitas dan pengembangan keterampilan interpersonal yang berlandaskan nilai-nilai islami, sangat penting untuk membantu generasi muda muslim mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia profesional tanpa kehilangan identitas keislaman mereka. Secara keseluruhan, inovasi dan pendekatan pragmatis yang diuraikan dalam studi ini memberikan solusi yang relevan dan aplikatif untuk menjaga serta mengembangkan karakter islami di tengah tantangan modern global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Yusuf Ali. The Holy Qur'an: Text, Translation and Commentary. New York: Tahrike Tarsile Qur'an, 2005. https://opendigtheolib.on.worldcat.org/search?queryString=The+Holy+ Qur%27an%3A+Text%2C+Translation+and+Commentary

Al-Ali, Abdullah. "The Role of E-Learning in Enhancing Islamic Values in the UAE." Journal of Islamic Studies 8 (2018): 110-115.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III. Jakarta: Kencana, 2014. https://books.google.co.id/books?id=TTvNDwAAQBAJ& printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). Los Angeles: Sage Publications, 2018. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/ 510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 1982.

El-Tom, Ahmed S. "Islamic Education and Globalization: Trends and Challenges." International Journal of Islamic Education 12 (2019): 98-105.

Esposito, John L. Islam and Secularism in the Middle East. London: Hurst & Company, 2002. https://books.google.co.id/books?id=vhEwPKy8k_wC&pg=PP5&source=gbs_selected_pages&cad=1#v=onepage&q&f=false

Esposito, John L. Islam in Transition: Muslim Perspectives. New York: Oxford University Press, 2010.

Ibrahim, Ali M. Islamic Education in the Digital Age. Kuala Lumpur: International Islamic University, 2020.

Kamali, Mohammad Hashim. The Dignity of Man: An Islamic Perspective. Cambridge: Islamic Texts Society, 2002. https://its.org.uk/catalogue/the-dignity-of-man-paperback/

Kamali, Mohammad Hashim. The Middle Path of Moderation in Islam: The Qurʼānic Principle of Wasaṭiyyah. Oxford: Oxford University Press, 2015. https://books.google.co.id/ books?id=HffzCAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read#v=onepage&q&f=false

Merriam, Sharan B. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass, 2009. https://books.google.com.my/books?id=JFN_BwAAQBAJ&print sec=frontcover#v=onepage&q&f=false

O’Hanlon, Gerry. “Western Muslims and the Future of Islam.” Studies: An Irish Quarterly Review 97, no. 388 (2008): 421–32. http://www.jstor.org/stable/25660608.

Ramadan, Tariq. Western Muslims and the Future of Islam. Oxford: Oxford University Press, 2004. https://books.google.co.id/books?id=0eCu4nXJbUUC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_book_other_versions_r&cad=1#v=onepage&q&f=false

Saeed, Abdullah. Islamic Thought: An Introduction. New York: Routledge, 2006.

Sardar, Ziauddin. Islamic Futures: The Shape of Ideas to Come. London: Mansell Publishing, 1985. https://ziauddinsardar.com/books/islamic-futures-shape-ideas-come

Sardar, Ziauddin. Islam, Postmodernism, and Other Futures. London: Pluto Press, 2003. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://ziauddinsardar.com/sites/default/files/field/download/Islam%252CPostmodernism%2520and%2520other%2520futures.pdf&ved=2ahUKEwiJ9unHkJiJAxWlyDgGHWYbCDwQFnoECDYQAQ&usg=AOvVaw2Zqml0eziwPJ-Uvy3Z6lNp

Tayob, Abdulkader. Islamic Education and the Public Sphere. London: Routledge, 2009. https://books.google.co.id/books?id=sqsl-Rz_68sC&pg=PA7&source=gbs_toc_r&cad =2#v=onepage&q&f=false

Thomas, John W. A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael: Autodesk Foundation, 2000. https://www.researchgate.net/publication/238162544_A_Review_of_Research_ on_Project-Based_Learning

Wahyu, Ilaihi. "Digitalisasi Pendidikan Islam di Era Modern: Studi Kasus di Pesantren dan Sekolah Islam Terpadu." Jurnal Pendidikan Islam 9 (2020): 135-145.

Yin, Robert K. Case Study Research: Design and Methods (Fourth Edition). Thousand Oaks: Sage Publications, 2009. https://books.google.co.id/books?id=FzawIAdilHkC&printsec= frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

El-Mubarak, Abdul Muqaddas Opeyemi Ishaaq, & Hassan, Isyaku. “Challenges of Islamic Education in the Era of Globalization: A Proposed Holistic Solution.” Interernational Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 10, 3 (2021), 337–349. http://dx.doi.org/10.6007/IJARPED/v10-i3/10748

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Inovasi Pengembangan Karakter Islami dalam Konteks Global: Pendekatan Pragmatis untuk Tantangan Modern. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(2), 80-92. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.496.80-92