Strategi Pengembangan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Era Society 5.0

Authors

  • Maftuhah Maftuhah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.494.134-142

Keywords:

Literasi digital, Society 5.0, berpikir kritis, kreativitas, pendidikan teknologi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi literasi digital di Era Society 5.0 sebagai strategi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Society 5.0 mengintegrasikan teknologi cerdas ke dalam kehidupan manusia, yang menuntut keterampilan digital lebih mendalam, terutama kemampuan berpikir kritis dan kreativitas. Studi ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai penelitian, artikel ilmiah, dan laporan terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pengembangan literasi digital dalam menghadapi era Society 5.0 dengan fokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Melalui kajian ini, diharapkan dapat diidentifikasi pendekatan yang efektif dalam mengintegrasikan literasi digital ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga mampu mencetak generasi yang tangguh, adaptif, dan inovatif di tengah era digital yang terus berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital di Society 5.0 memerlukan pendekatan strategis, seperti penguatan pendidikan digital, pelatihan berpikir kritis melalui media digital, dan peningkatan kreativitas berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Fatikh Catur Wahyudi. “Pemantapan Literasi Digital oleh Pendidik dan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 4, no. 1 (2024): 23–31.

Agustini, Rajab, dan Meysurah Sucihati. “Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital sebagai Strategi menuju Era Society 5.0.” Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang (2020): 625.

Dhewi, Asy Syifa, dan Wirdo Windy Ningrum. “Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA) (2021): 52–75.

Eraku, Sunarti Suly, Mohamad Karmin Baruadi, Samuel PD Anantadjaya, Siti Fadjarajani, Ucup Supriatna, dan Ardian Arifin. “Digital Literacy and Educators of Islamic Education.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 01 (2021): 569.

Fahkiroh, Alfiatul, Dwi Putri Fatmawati, dan Sari Risqi Amalia. “Studi Literatur: Literasi Digital Sebagai Dasar dari Kompetensi Pedagogik pada Calon Guru Matetatika di Era Society 5.0.” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) 4, no. 1 (2023): 529–538.

Fitria, Mahfirotul, Meilan Arsanti, dan Cahyo Hasanudin. “Strategi Meningkatkan Literasi Digital Pada Masyarakat.” Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya(Protasis) 1 (2022): 91–97.

Fitriyani, Fitriyani, dan Arief Teguh Nugroho. “Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21.” Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 2, no. 1 (2022): 307–314.

Gusteti, Meria Ultra, Suci Wulandari, Widdya Rahmalina, Melani Putri, dan Elva Kurnia Putri. “Development of Electronic Handouts Using Numerical Literacy-Based Mathemagics Methods for Learning in the Digital Era.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 7, no. 1 (2023): 115–125.

Hajri, Muhammad Fatkhul. “Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21.” Al-Mikraj 4, no. 1 (2023): 33–41.

Hana Thifal Hanifah, Raisa Az Zahra, dan Icshan Fauzi Rachman. “Model Pendidikan Literasi Digital Pada Masyarakat Desa: Strategi Pengembangan Kemampuan Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama 2, no. 3 (2024): 42–47.

Husniati, Renny, Iwan Kresna Setiadi, Dewi Cahyani Pangestuti, dan Siwi Nugraheni. “Tantangan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Era.” Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Cummunity Services 2, no. 1 (2022): 134–145.

Inayah, Khusnul, Eva Yuli Nor Farika, Ahmida Nurronia, Elya Umi Hanik, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, dan Iain Kudus. “Pengembangan Digital School System Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).” Journal of Educational Integration and Development 1, no. 3 (2021): 2021.

Ismael, Fauzan, dan Supratman. “Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 3 (2023): 4526–4533.

Lao, Hendrik A E. “Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z di Era Society 5.0.” Scientia: Social Sciences&Humanities 3, no. 2 (2024): 112–118.

Lestari, Vina Ayu, dan Shobah Shofariyani Iryanti. “Abad 21 : Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI melalui Literasi Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 6155–6165.

Naila, Ishmatun, Muhammad Ridlwan, dan Muhammad Amirul Haq. “Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 7, no. 2 (2021): 166–122.

Nufus, H, S S Ramadhani, dan ... “Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometri Flipbook Melalui Kegiatan Lesson Study.” … Dan Inovasi Sosial 1, no. November (2023): 8–13.

Nuryadin. “STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL NURYADIN Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.” Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 03, no. 1 (2017): 209–225.

Rahmawati, Sintia Ayu, dan Darso Darso. “Implementation of Technology Literacy through Technology Adaptation in Teaching Campus Program 5 at SDN 1 Gancang.” SWAGATI : Journal of Community Service 2, no. 1 (2024): 19–24.

Saraswati, Aas, Septi Fitri Meilana, Sri Wahyuningsih, Sri Utami, Listya Endang Artiani, Estu Niana Syamiya, Novita Maulidya Jalal, et al. Tantangan Pendidikan Di Era Digital 5.0. Pendidikan Era 4.0, 2022.

Sugiarto, dan Ahmad Farid. “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 3 (2023): 580–597.

Susyanto, Babara. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 692.

Syarifuddin, Salmia, Irmawaty Hasyim, Program Studi, Pendidikan Bahasa, Program Studi, Ilmu Komunikasi, dan Universitas Muslim Indonesia. “STUDI LITERASI DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA Pendahuluan” 10, no. 1 (2023): 18–32.

Tahar, Achmad, Pompong B Setiadi, Sri Rahayu, Magister Manajemen Stie, dan Mahardhika Surabaya. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 12380–12381.

Wahyuni, Hilda, Ahmad Barizi, Akhmad Nurul Kawakip, Wilda Al Aluf, dan Iqbal Ardiansyah. “Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Digitalisasi dalam Sudut Pandang Filsafat Pendidikan Islam.” Raudhah Jurnal Tarbiyah Islamiyah 9, no. April (2024): 206–217.

Wati, Indah, Mahdar Ernita, Ristiliana Ristiliana, dan M. Iqbal Lubis. “Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau.” Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan 6, no. 1 (2023): 21.

Wijaya, Lusi. “Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (2023): 1222–1230.

Yuniarto, Bambang, dan Rivo Panji Yudha. “Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 10, no. 2 (2021): 176–194.

Downloads

Published

2024-08-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Pengembangan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Era Society 5.0. (2024). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(2), 134-142. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.494.134-142