Konsep Pendidikan Islam Menurut Muhammad Quthb

Authors

  • Ahsanul Anam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.470.176-188

Keywords:

Pendidikan Islam, Muhammad Quthb

Abstract

Berbicara tentang pendidikan berarti tidak bisa terlepas dari berbicara manusia dan tujuan hidupnya. Bahkan masalah pendidikan merupakan masalah yang tidak pernah habis untuk dibicarakan. Tidak diragukan lagi bahwa pendidikan tumbuh bersamaan dengan munculnya manusia di muka bumi. Ini menunjukkan bahwa pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang paling hakiki bagi kelangsungan hidup manusia. Karena manusia tidak akan bisa hidup secara wajar tanpa adanya sebuah proses pendidikan. Muhammad Quthb mengatakan bahwa pendidikan (dalam hal ini pendidikan Islam) pada hakikatnya adalah pendidikan manusia seutuhnya, sehingga tidak ada yang tertinggal dan terabaikan sedikitpun, baik segi jasmani maupun segi rohani, baik kehidupannya secara fisik maupun kehidupannya secara mental, dan segala kegiatannya di bumi ini. Karena Islam memandang manusia secara totalitas, mendekatinya atas dasar apa yang terdapat dalam dirinya, atas dasar fitrah yang diberikan Allah kepada dirinya tidak ada sedikitpun yang diabaikan dan tidak memaksakan apapun selain apa yang dijadikan sesuai dengan fitrahnya. Pendekatan penelitian ini seluruhnya berdasarkan atas kajian pustaka atau studi literer. Yang dimaksud dengan kajian pustaka (literary research) adalah telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya  bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman an-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah, dan di Masyarakat, Penerjemah: Herry Noer Ali. Bandung: CV. Diponegoro, 1992.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Ali al-Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam, Terj. H.M. Arifin. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Ali Ashraf, Horison Baru Pendidikan Islam, Penerjemah: Sori Siregar. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.

Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Departemen Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV. Diponegoro, 2004.

Hadari Nawawi, Pendidikan Dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.

Heri Jauhari Muchtar, Fiqh Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muhammad Quthb, Jahiliyah Abad Dua Puluh, Penerjemah: Muhammad Tohir dan Abu Laila. Bandung: Mizan, 1996.,

Muhammad Quthb, Jawaban terhadap Alam Fikiran Barat yang Keliru tentang al-Islam, Penerjemah: Alwi AS. Bandung: CV. Diponegoro, 1993.

Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, Penerjemah: Salman Harun. Bandung: Al-Ma’arif, 1984.

Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, Penerjemah: Salman Harun. Bandung: Al-Ma’arif, 1984.

Muis Sad Iman, Pendidikan Partisipatif, Yogyakarta: Safiria, 2004.

Nuim Hidayat, Sayyid Quthb; Biografi dan Kejernihan Pemikirannya, Jakarta: Gema Insani, 2005.

Saifullah, Muhammad Quthb dan Sistem Pendidikan Non Dikotomik, Yogyakarta: Suluh Press, 2005.

Syed Muhammad al-Naquib al-Attas, Konsep Pendidikan Dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Penerjemah: Haidar Bagir. Bandung: Mizan, 1994.

Tim Penyusun, Buku Pedoman Penulisan Skripsi Program S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Surabaya: 2004.

Ummi Mahmudah, “Konsep Pendidikan Menurut Al-Qur’an”, Wacana, I, Januari, 2001.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Konsep Pendidikan Islam Menurut Muhammad Quthb. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 176-188. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.470.176-188