Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cake Apps terhadap Kemampuan Berbicara Siswa

Authors

  • Siti Amalia Rachmawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.467.160-169

Keywords:

Berbicara, Cake App, Teknologi

Abstract

Speaking adalah salah satu jenis keterampilan berbahasa Inggris yang menghasilkan produk lisan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Dalam hal pengajaran penampilan berbicara, para guru diharapkan mampu menciptakan cara, media, dan metode baru yang inovatif dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara mereka meskipun hal itu tidak terjadi di dalam kelas. Banyak metode serta media yang dapat digunakan dalam pembelajaran speaking, misalnya penggunaan teknologi dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one group pre-test and post-test design yang berfokus pada pengaruh penggunaan aplikasi Cake App terhadap kemampuan Speaking siswa. Penelitian ini melibatkan 20 siswa SMP sebagai partisipan. Instrumen penelitian ini adalah tes dan angket untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan aplikasi Cake App terhadap kemampuan berbicara siswa. Hasil kuisioner diharapkan agar aplikasi Cake App dapat membantu para siswa, terutama dalam kemampuan berbicara mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. Teaching by Principles: An Interactive Approaches in Language Pedagogy. 2nd ed. New York: Pearson Education co. 2011.

Harmer, J. The Practice of English Language Teaching. London: Longman. 2001.

Kurniawan, F. The Use of Audio Visual Media in Teaching Speaking. English. Education Journal (EEJ), 7(2), 180-193. 2016.

Muna, M. S. Utilizing YouTube Videos to Enhance Students’ Speaking Skill (A Classroom Action Research at the XI Grade Students of SMK Negeri 3 Surakarta, Academic Year 2010/2011). Surakarta: Sebelas Maret University. 2011.

Nawshin, F. Problems in Teaching in Traditional ESL Classrooms. Dhaka: Brac University Press. 2009.

Nunan , D. Practical English Language Teaching, New York: Mc. Grown-Hill Companies Inc. 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.

Tahir, SZAB. Improving Students’ Speaking Skill Through Yahoo Messenger at University of Iqra Buru. International Journal of Language and Linguistics, Vol. 3 (3), pp. 174-184. 2015.

Xiaoyu, HE. A Study of Cake App – One of Children’s Picture Books Reading Apps in Improving Primary School Students’ English Speaking. CS Canada: Studies in Literature and Language, Vol. 17 (2), pp. 104-108. 2018

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cake Apps terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 160-169. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.467.160-169