Implementasi Pendidikan Akhlak Sejak Usia Dini Secara Intensif dalam Menghadapi Era Digital

Authors

  • Abdul Aziz Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.466.149-159

Keywords:

Anak usia dini, kemampuan moral, pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap implementasi pendidikan akhlak sejak usia dini dalam menghadapi era digital. Metode kualitatif digunakan dengan studi literatur dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan akhlak sejak dini harus menjadi bagian integral dari kurikulum untuk membentuk generasi muda yang memiliki moralitas kuat dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi. Metode pengembangan akhlak anak usia dini melibatkan media permainan, pengembangan panca indera, suasana pembelajaran menyenangkan, serta pemahaman dan penghayatan nilai-nilai akhlak. Strategi pembelajaran mencakup pemupukan nilai, keteladanan, pengembangan keterampilan akademik dan sosial, serta fasilitasi. Implementasi pendidikan akhlak dimulai dengan perencanaan nilai-nilai akhlak yang sesuai dengan tema pembelajaran, indikator, pembiasaan terprogram, dan penilaian yang mencakup tujuan, prinsip, cara penilaian, lingkup, dan instrumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, Agus & Fahma Ismatullah. Jurnal At-Ta’dib, Penerapan Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Darut Taqwa Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2014-2015.

Andika Dirsa1 dan Intan Kusumawati2, Implementasi Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter, AoEJ: Academy of Education Journal Vol. 10 No. 2 Tahun 2019.

Trismahwati, Dewi. 2021.Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Jurnal Azzahra.

Direktorat PAUD, Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini, 2011.

Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2017.Pendidikan Karakter: Internalisasi Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Kata Pena: Jakarta,

Khamid, A. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Nawawi Al-Bantani Dalam Kitab Nashaih Al-‘Ibad. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1).

Mufarohah1, Lailatul. Endin Mujahidin2, Akhmad Alim3 “Membangun Budaya Literasi Pendidikan & Bimbingan dan Konseling Dalam Mempersiapkan Generasi Emas” Seminar Nasional 2018.

M. Irwan Mansyuriadi IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah Volume 4, Nomor 1, Januari 2022; 14-22 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Mulyasa.2012.Manajemen PAUD, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Khamim, Nur. Penerapan Pendidikan Agama Islam pada Keluarga Millenial/ Attaqwa – Volume 15 Nomor 2 September 2019,p-ISSN: 1693-0649; e-ISSN: 2620-3901; 132-142.

Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat,Volume 6 Issue 5 (2022) Pages 3953-3966 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

Q,S al-Tahrim ayat 6. Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: PT: Suara Agung.

Nopianti, Risa. 2018. Pendidikan akhlak sebagai dasar pembentukan karakter di pondok pesantren sukamanah tasikmalaya. Patanjala Vol. 10 No. 2 Juni

Purwati, Yayuk. Aulia Diana Devi. 2020. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3 (2).

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Pendidikan Akhlak Sejak Usia Dini Secara Intensif dalam Menghadapi Era Digital. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 149-159. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.466.149-159