Peran Pendidikan Islam Ditengah Masyarakat Multikultural

Authors

  • Zainuddin Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Ersi Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.461.140-148

Keywords:

Masyarakat, Multikulturalisme, Pendidikan islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran pendidikan Islam dalam menghadapi masyarakat multikultural. Masyarakat multikultural merupakan kelompok yang dapat saling menerima dan menghormati perbedaan suku, agama, budaya, jenis kelamin, bahasa, adat istiadat, dan kedaerahan. Multikulturalisme memungkinkan berbagai perbedaan hidup berdampingan dengan penuh rasa saling menghargai. Pesan-pesan keagamaan dalam moderasi beragama mencakup menjaga keselamatan jiwa, menghargai peradaban yang luhur, memperkuat nilai-nilai moderat, menciptakan perdamaian, dan menjunjung pluralisme dengan menghormati kebebasan berpikir, berekspresi, dan beragama. Output dari pendidikan Islam adalah kesalehan individu dan sosial dengan menekankan keadilan, perdamaian, kesetaraan, dan kemanusiaan sesuai dengan konsep "rahmatan lil alamin". Pendidikan Islam secara tegas menghargai keragaman dan multikulturalisme, sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan Hadits yang memiliki tujuan yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Alfindo, Alfindo. "Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Masyarakat." Jurnal Dinamika Sosial Budaya 25.2 (2023): 242-251.

Azra, Azyumardi. Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme Indonesia, Jakarta: FE UI, 2007

Bungin, B. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pres

Cholil Qoumas, Yaqut. Kata Sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, dalam Tim Penyusun Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Moderasi Beragama Perspektif Bimas Islam, Jakarta: Bimas Islam, 2022

Dachrud, Musdalifah, and Yusra Yusra. "Pendidikan Berbasis Islam Dan Multikultural Dalam Keluarga Sebagai Pembentuk Religiusitas Pada Anak." Potret Pemikiran 22.2 (2018).

Fahri, Mohammad dan Ahmad Zainuri, “Moderasi Beragama di Indonesia”, Intizar Vol. 25, No. 2, Desember 2019

Habibie, M. Luqmanul Hakim. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.” Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 01, 2021.

Heny Pratiknjo, Maria. Masyarakat Multikultural: Bentuk dan Pola Interaksi Dalam Dinamika Kehidupan Sosial, Manado: Yayasan Serat Manado, 2012

Hitti, Philip K. History of the Arabs. London: The Macmillan Press, 1970.

Khatibah. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, 5(1): 36-39. (2011).

Mahfud, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Mirshad, Z. Persamaan Model pemikiran al-Ghaza dan Abraham Maslow tentang model dan motivasi konsumsi. Surabaya: Tesis. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014.

Mujiyatun, M. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Multikulturalisme Untuk Harmonisasi Sosial:(Penerapan Pendekatan Kebudayaan Dalam Studi Islam). JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 11-28.

Nisar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Nurmadiah, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Afkar Vol. III No. II. Oktober 2014

Rodiyah, Rodiyah, and Waspiah Waspiah. "Penerapan Model Keaksaraan Fungsional Berbasis Gender dalam Percepatan Penuntasan Buta Aksara (Studi Perempuan Buruh Petik Lombok di Desa Kedung-kelor Kecamatan Warurejo Kabupaten Tegal)." Jurnal Abdimas 17.2 (2013): 117-124.

Rowlandson, Mary. “The Narrative of My Captivity.” In The Making of the American Essay, edited by John D’Agata, 19-56. Minneapolis: Graywolf Press, 2016.

Siraj, Said Agil. Islam Kebangsaan, Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999

Sugiyono., Memahami Penelitian Kualitatif”, (Bandung : ALFABETA, 2012)

Tim Kelompok Kerja Moderasi Beragama Kementerian Agama RI, Peta Jalan (Road Map) Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2020-2024, 2020

Tim Penyusun Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Moderasi Beragama Perspektif Bimas Islam, Jakarta: Bimas Islam, 2022

Tim Penyusun Kementerian Agama RI, Moderasi Beragama, (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019

Ulya, I. Pendidikan Islam multikultural sebagai resolusi konflik agama di Indonesia. Fikrah, 4(1), 20-35. 2016

Yunus, Firdaus M. Konflik Agama di Indonesia; Problem dan Solusi Pemecahannya, dalam http://substantiajurnal.org, volume 16 Nomor 2, Okotber 2014, hal. 220-221

Zamimah, Iffati. Moderatisme Islam dalam Konteks Keindonesiaan (Studi Penafsiran Islam Moderat M. Quraish Shihab), dalam ejurnal.iiq.ac.id, volume 1, Nomor 1, Juli 2018

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Pendidikan Islam Ditengah Masyarakat Multikultural. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 140-148. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.461.140-148