Shalat Dhuha: Rahasia Mencapai Kecerdasan Spiritual Ala Santri Ponpes Sabilul Muttaqin Mojokerto

Authors

  • Ismail Ismail

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.456.33-53

Keywords:

Shalat Dhuha, Kecerdasan spiritual, santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi shalat Dhuha sebagai upaya mencapai kecerdasan spiritual di kalangan siswa Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin di Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan sampel terdiri dari 10 siswa, 4 administrator, dan 4 guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan melaksanakan shalat Dhuha di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin telah diimplementasikan secara efektif. Kegiatan ini membantu siswa mencapai kecerdasan spiritual, yang ditandai dengan rasa ketenangan dan kedekatan dengan Allah SWT. Selain itu, kebiasaan melaksanakan shalat Dhuha juga membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan konsisten di kalangan siswa. Hal ini berdampak pada aktivitas sehari-hari mereka, seperti kepekaan terhadap sesama, menjaga kebersihan, dan keteraturan di dalam kelas. Penulis mendorong administrator dan guru di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin untuk meningkatkan kebiasaan melaksanakan shalat Dhuha sebagai cara yang efektif untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Firdaus, Iqro’. Hidup Kaya Dengan Dhuha. Yogyakarta: Kaktus, 2018.

Al-Qur’an, Forum Pelayanan. Al-Quran Dan Terjemahnya. Banten: Forum pelayanan Al quran, 2013.

AL-Sunguti, Khalili Amrin Ali. Mudah Dan Cepat Hafal Semua Bacaan Shalat, Doa Pilihan & Surah Pendek. Yogyakarta: Laksana, 2018.

Alim, Zezen Zainal. The Ultimate Power of Shalat Dhuha. Jakarta: Qultum Media, 2012.

Andayani, Atika, and Zaini Dahlan. “KONSTRUKSI KARAKTER SISWA VIA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA.” MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH 7, no. 2 (2022): 99–112.

Asmara, Toto. Kecerdasan Ruhaniah (TranscendentalIntelligence): Membentuk Kepribadian Yang Bertanggung Jawab,Profesional, Dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani Press, 2006.

Asteria, Prima Vidya. Mengembangakan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2014.

Ayanih, Ummi. Dahsyatnya Shalat Dan Doa Ibu. Jakarta: Raih Asa Sukses, 2010.

Darmadi. Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Dalam Cakrawala Pendidikan Islam. Jakarta: Guepedia, 2010.

Dewi, Nurma. “Pembinaan Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga.” Jurnal Pendidikan Anak Bunayya 1, no. 2 (2015).

El-Hamdy, Ubaidurrahim. Super Lengkap Shalat Sunnah. Jakarta: Kawah Media, 2013.

Handayani, Annisa, Chodidjah Makarim, and Ikhwan Hamdani. “Hubungan Shalat Dhuha Dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 2 Kota Bogor.” As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 4, no. 1 (2022): 110–116.

Isnaini, Nurul, H Muzakkir Walad, and Muhammad Satriadi Muratama. “PERAN SHALAT DUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRIUAL SISWA MA NW ANAJNI.” Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam 1, no. 1 (2021): 259–274.

Mahfani, Khalillurrahman El. Bertambah Kaya & Berkah Dengan Shalat Dhuha. Jakarta: Wahyu Qolbu, 2015.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Edited by Tjetjep Rohendi Rohidi and Mulyarto. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Mz., Labib. Pilihan Shalat Terlengkap Disertai Do’a, Dzikir, DanWirit Serta Hikmahnya. Surabaya: Bintang Usaha Jaya, 2005.

Najati, M. Utsman. Jiwa Manusia Dalam Sorotan Al- Qur’an. Jakarta: Cendikia Sentra Mulsil, 1993.

Rosad, Wahyu Sabilar. “PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU AJIBARANG WETAN.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 9, no. 2 (2020): 23–41.

Surianti, Surianti, and Rahmatullah Rahmatullah. “Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Pada Siswa SMA 8 Sinjai.” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani 8, no. 1 (2022): 26–35.

Suryanto, M. 15 Rahasia Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan Dengan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2006.

Susilawati, Elis, Oyib Sulaeman, and Ase Kurniawan. “PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK.” Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 458–466.

Syafi’i, Nasrul Umam, and Lukman Hakim. Shalat Sunnah (Hikmah Dan Tuntunan Praktis). Jakarta: Qultum Media, 2004.

Zohar, Danah, and Ian Marshall. SQ: Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2001.

Downloads

Published

2023-02-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Shalat Dhuha: Rahasia Mencapai Kecerdasan Spiritual Ala Santri Ponpes Sabilul Muttaqin Mojokerto. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(1), 33-53. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.456.33-53