Penerapan Teknologi dalam Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Solusi

Authors

  • Muhammad Taufiqurrahman STIT Raden Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.454.1-15

Keywords:

Teknologi, Pendidikan inklusif

Abstract

Implementasi teknologi dalam pendidikan inklusif sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Namun, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam implementasi teknologi ini, seperti aksesibilitas, biaya, dan kebutuhan akan peningkatan pelatihan guru. Solusi untuk mengatasi tantangan ini termasuk meningkatkan aksesibilitas teknologi, fokus pada pendidikan inklusif dan peningkatan kapasitas guru, serta memfasilitasi kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan industri teknologi. Dengan memahami tantangan dan solusi yang ada, diharapkan implementasi teknologi dalam pendidikan inklusif dapat terus dikembangkan dan menjadi lebih efektif dan efisien bagi semua siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achyanadia, Septy. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm.” Jurnal Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2016).

Alzahrani, Norah. “The Development of Inclusive Education Practice: A Review of Literature.” International Journal of Early Childhood Special Education, 2020.

Fazal, Fathima Azra, and Rupak Chakravarty. “Researcher Development Models and Library Research Support.” Library Hi Tech News, 2021.

Holmqvist, M., and B. Lelinge. “Teachers’ Collaborative Professional Development for Inclusive Education.” European Journal of Special Needs Education 36, no. 5 (2021).

Howard, Sarah K, and Adrian Mozejko. “Considering the History of Digital Technologies in Education.” In Teaching and Digital Technologies, 2021.

Ita, Efrida. “Konsep Sistem Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 6, no. 2 (2019).

Khairuddin. “Pendidikan Inklusif Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Tazkiya IX, no. 1 (2020).

Kuvshinova, Irina A., Elena L. Mitsan, Elena M. Razumova, and Elizaveta I. Shuleva. “Modern Technologies of Inclusive Higher Education.” Vysshee Obrazovanie v Rossii 28, no. 6 (2019).

Macgilchrist, Felicitas, Heidrun Allert, and Anne Bruch. “Students and Society in the 2020s. Three Future ‘Histories’ of Education and Technology.” Learning, Media and Technology 45, no. 1 (2020).

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021).

Primadata, Ankarlina Pandu. “Merajut Toleransi Melalui Pendidikan Inklusif.” Jurnal Interaksi 3, no. 12 (2019).

Sari, Milya, and Asmendri. “Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research).” Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA 2, no. 1 (2018).

Downloads

Published

2022-02-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Teknologi dalam Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Solusi. (2022). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(1), 1-15. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.454.1-15