Perbandingan Sikap Disiplin Siswa MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto

Authors

  • Hasan HA Buro Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.444.70-77

Keywords:

Sikap disiplin siswa, Studi komparasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui seberapa besar signifikan sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui seberapa besar signifikan sikap disiplin siswa di SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian dalam penyusunan jurnal ini adalah siswa kelas VI di MI Miftahun Najah Dan SDN Mojogebang  yang berjumlah 41 siswa, dengan rincian siswa kelas VI MI Miftahun Najah yang berjumlah 24 dan siswa kelas VI SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto berjumlah 17 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi yang dilakukan  kepada 41 siswa interpretasinya adalah siswa yang mendapat penilaian sangat baik sebanyak 389 item atau 94,88%, yang mendapat penilaian baik sebanyak 21 item atau 5,12%, yang mendapat penilaian cukup baik sebanyak 0 item atau 0%, yang mendapat penilaian kurang baik sebanyak 0 item atau 0% dan yang mendapat penilaian sangat kurang baik sebanyak 0 item atau 0%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa lebih banyak responden yang mendapat penilaian “sangat baik” hal ini menunjukkan bahwa sikap disiplin di MI Miftahun Najah sangat tinggi.  2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi yang dilakukan  kepada 41 siswa berikut interpretasinya. Dari hasil observasi yang dilakukan tersebut dapat diketahui bahwa siswa yang mendapat penilaian sangat baik sebanyak 317 item atau 77,32 %, yang mendapat penilaian baik sebanyak 21 item atau 5,12%, yang mendapat penilaian cukup baik sebanyak 32 item atau 7,80 %, yang mendapat penilaian kurang baik sebanyak 18 item atau 4,39 % dan yang mendapat penilaian sangat kurang baik sebanyak 22 item atau 5,37 %. Dari hasil tersebut terlihat bahwa lebih banyak responden yang mendapat penilaian “sangat baik” hal ini menunjukkan bahwa sikap disiplin di SDN Mojogebang sangat tinggi. 3) Untuk mengetahui sejauh mana komparasi sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah dengan sikap disiplin siswa di SDN Mojogebang, pada uji parametrik (Mann-Whitney U) dinyatakan bahwa skor Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi adalah 0.04. Di sini didapat probabilitasnya di bawah 0,05. Maka H0 diterima atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, M. J, & Yen, W. M. Introduction to measurement theory. Monterey, California: Brookd/Cole Publishing Company. 2004.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,: PT. Rineka Cipta, Jakarta. 2010.

Ashari, Purbayu Budi Santoso. Analisis statistic dengan Microsoft exel dan. SPSS. Yogyakarta. 2005.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta:Prenada Media. 2011..

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, CV. Toha Putra, Semarang, 1989.Dikompilasi versi Pdf. oleh. Naf’an Akhun Agustus 2007, http://nafanakhun.blogfrienster.com.

Djemari Mardapi. Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. 2005.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BP-Universitas Diponogoro, Semarang, 2007..

Gujarati, Damodar N. Dasar-Dasar Ekonometrika (Buku 1, edisi ke-5). Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Hadi, Sutrisno, Prof. Drs. MA, Metodologie Research Jilid I, Andi Offset, Jogyakarta, Ed. I, Cet. XXX, 2000.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. ”Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen”, Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta. 2011..

Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2009..

Martadijera. Jonathan Sarwono dan Tutty, Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi. 2008 ..

Nitko, Anthony J,. & Brookhart, Susan M. Educational assessment of student. Pearson Education Inc, Upper Saddle River, New Jersey, 07458. 2007..

Poerwodarminta, Wjs. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pn. Balai Pustaka, Jakarta. 2006..

Singarimbun, M, Metode Penelitian Survei, Edisi revisi, Penerbit LP3ES, Jakarta, 1991.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2012..

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2012..

Sulistyo. Basuki, Metode Penelitian. Jakarta: Penaku. 2010..

Suryabrata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2008..

Widiyanto, Joko. SPSS For Windows, untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: Badan Penerbitan FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Widjono, Bahasa Indonesia, Jakarta:PT Grasindo. Cet. 2, 2007..

Wijaya, Tony, Analisis data penelitian menggunakan SPSS, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2009.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perbandingan Sikap Disiplin Siswa MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 70-77. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.444.70-77