Relasi Kyai dan Jamaah Ditinjau dari Teori Pertukaran Sosial

Authors

  • Imron Rosyadi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.442.1-10

Keywords:

Teori pertukaran sosial, Kyai, Jamaah, Dakwah

Abstract

Status Kyai sebagai bentuk hormat atas kepemimpinannya yang karismatik. Hubungan Kyai dengan pengikutnya adalah berpaternalistik karena kehormatan yang dibutuhkan untuk peran Kyai dan ketaatan militan dari pengikut. Penelitian ini akan menganalisis relasi antara Kyai dan pengikutnya dari perspektif teori pertukaran sosial. Menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan pendekatan riset perpustakaan, penelitian ini melibatkan pengumpulan informasi, seperti artikel atau data ilmiah, yang terkait dengan hubungan antara Kyai dan pengikutnya melalui perspektif teori pertukaran sosial. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan mencari data penelitian sebelumnya untuk mendukung analisis, didukung oleh berbagai sumber dengan kedalaman teoritis dari para ahli. Menurut teori pertukaran sosial, dakwah melibatkan hubungan antara pendakwah dan jamaah (mad'u). Pendakwah, dalam hal ini Kyai, melibatkan atribut dan status yang dikemas dengan baik untuk memberikan kepuasan pada Mad'u. Mad'u juga mengorbankan waktu, kekayaan, dan energi untuk menghadiri dakwah. Saat modernisasi menyerang dakwah, pendakwah juga membutuhkan perantara yang disebut agen komodifikasi agama. Pada akhirnya, dakwah ditentukan oleh agen komodifikasi, bukan Kyai sebagai pendakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, Riezqie. “Pola Komodifikasi Agama: Studi Tentang ESQ Leadership Center.” UNJ, 2010.

Ibrahim, Idi Subandy, and Bachruddin Ali Akhmad. Komunikasi Dan Komodifikasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Khusniati, Rofiah. “Agama Dan Bisnis ( Studi Etos Kerja Pengusaha Di Kalangan Jamaah Tabligh Kabupaten Ponorogo).” Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti 1, no. 8 (2017): 57–77.

Nugroho, ALOIS A. Dari Etika Bisnis Ke Etika Ekobisnis. Jakarta: Grasindo, 2001.

Paloma, Margaret M. Sosiologi Kontemporer Terj. Yosogama. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Raho, Bernard SVD. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Ritzer, George. Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edited by S. Pasaribu, Rh. Widada, and Adinugraha E. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Ritzer, George, and Douglas J. Goodman. Teori Sosiologi Modern. Edited by Alimandan and Triwibowo Budi Santoso. Jakarta: Prenada Media, 2005.

Rofiah, Khusniati. “Agama Dan Produktivitas Perempuan: Studi Perilaku Bisnis Ibu-Ibu Muslimah Dusun Mayak Kelurahan Tonatan Kabupaten Ponorogo.” Kodifikasia 10, no. 1 (2016): 1–32.

Sairin, Sjafri, Pujo Semedi, and Bambang Hudayana. Pengantar Antropologi Ekonomi. Edited by Muchlas Rowi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Weber, Max. On Charisma and Institution Building. Edited by S. N. Eisenstadt. Chicago and London: University of Chicago Press, 1968.

Wirawan, I. B. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial, Dan Perilaku Sosial. 1st ed. Jakarta: Prenada Media, 2015.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Relasi Kyai dan Jamaah Ditinjau dari Teori Pertukaran Sosial. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.442.1-10