Nilai-nilai Takziyah dalam Pendidikan dan Soliadaritas Sosial

Authors

  • Salim Ashar Institut Agama Islam Bani Fattah, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.440.19-34

Keywords:

Takziyah, Pendidikan Islam, Solidaritas Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan fakta-fakta mengenai nilai-nilai takziyah dalam pendidikan solidaritas sosial yang ada dalam pelaksanaan ritual upacara pemberangkatan jenazah di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengambilan data berupa observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang berkualitas dan mendalam tentang subjek penelitian yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisis yang dalam penelitian ini adalah analisis tematik (thematic analysis) dimana peneliti memfokuskan pada pengidentifikasian dan pengelompokan tema-tema yang muncul dari data yang telah dikumpulkan. enelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi tahlilan di Desa Sudimoro adalah untuk mendapatkan ridlo dari Allah SWT dan memperkuat solidaritas sosial melalui ikram uddla'if dan situasi sosio-harmoni. Solidaritas yang diberikan oleh masyarakat tidak hanya dalam perkara benda saja, tetapi meliputi kasih sayang, perhatian, dan kebaikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, An-Nahlawai. Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah Dan Masyarakat Terj. Shihabuddin. Edited by Euis Erinawati. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Achmadi. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.

Ahmad, and D. Marimba. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 1996.

Ahmadi, H. Abu, and Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Arifin, H. M. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Arifin, H. Muzayyin. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama: Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga (Sebagai Pola Pengembangan Metodologi). Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam: Edisi Revisi. 9th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Fattah, Munawir Abdul. Tradisi Orang-Orang NU. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Jamil, H. Abdul Jamil, Abdurrahman Mas’ud, Amin Syukur, Anasom, Asmoro Achmadi, and Dkk. Buku Islam Dan Kebudayaan Jawa. Edited by M. Darori Amin. Yogyakarta: Gama Media, 2000.

Khalaf, Abdul Wahab. Mashadir Al Tasyri’ Al Islami. Kuwait: Dar al-Qalam, 1972.

Koentjaraningrat. Kebudayaan Jawa. Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1984.

Langgulung, Hasan. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 1980.

LTNU, Lajnah Ta’lifwan Nasyr Nahdlatul. Landasan Amaliyah NU. Jombang: Darul Hikmah, 2008.

Muhaimin, Abdul Mujib, and Jusuf Mudzakir. Kawasan Dan Wawasan Studi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2005.

Mujib, Abdul, and Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Poerbakawatja, Soegarda, and H. A. H. Harahap. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1981.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Ciputat: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah, 2018.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Nilai-nilai Takziyah dalam Pendidikan dan Soliadaritas Sosial. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 19-34. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.440.19-34