Trilogi Epistemologi Muhammed Abid al-Jabiri

Authors

  • Ahsanul Anam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.433.59-69

Keywords:

al-Jabiri, Epistimologi

Abstract

Mengikuti arus dan tidak terkena arus, layak menjadi kata bijak bagi seorang Jabiri, dengan langkah modernitas yang ia bangun mencoba mengenalkan bangunan epistemologinya pada dunia barat, ia merupakan tokoh yang banyak mencatut wacana lama dan memolesnya dengan gaya baru sehingga orisinalitasnya bisa berkesan seperti yang ia bangun sampai sekarang masih menggema sebagai sebuah wacana. Hal itu menjadi pilihan yang tidak terelakkan, karena mampu mencakup segala hal yang berhubungan dengan sumber pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data-data deskriptif tentang konsep trilogi epistemologi Mohammed Abid Al Jabiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka seperti buku, majalah, catatan, dan kisah-kisah sejarah. Penelitian ini bersifat menyeluruh (holistik) dengan menganggap keseluruhan sebagai kesatuan yang lebih penting daripada satu bagian. Al-Jabiri mencoba mendasari keilmuan dengan tiga hal, bayani, irfani dan burhani, yang menjadi epistemologi Islam. Namun di sisi lain, pemikirannya banyak menuai kritikan tajam, karena ada unsur subjektifitas yang ia lakukan, jika ada tokoh yang mendukungnya dari pemikirannya, maka ia catut dan mengalahkan pemikir pemikir atau pendapat yang lain, selain itu, pemikir selanjutnya menemukan bahwa pemikiran yang dicetuskan oleh Jabiri adalah sesuatu yang tidak orisinil, hal ini didapat dari pemikir Zaki Najib Mahmud yang dicetuskan pada tahun 1977. Namun setidaknya Jabiri mampu membangun wacana epistemologi dengan trilogi pemikirannya, walau terdapat kesalahan di sana-sini, hal itu merupakan hal yang wajar, karena bagaimanapun juga Jabiri adalah manusia biasa yang mencoba membangun modernitas di dunia Islam tanpa kehilangan ruh Islamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jabiri, Mohammed Abid. Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam Terjemahan M. N. Ichwan. Edited by Badrus Samsul Fata. Yogyakarta: Islamika, 2003.

al-Jabiri, Muhammad Abid. Isykaliyat Al-Fikr Al-‘Arabi Al-Mu’Ashir. Beirut: Markaz Dirasah al-Arabiyyah, 1989.

Al-Jabiri, Muhammad Abid. Bunyah Al-Aql Al-Arabi. Beirut: al-Tsaqafi al-Arabi, 1991.

Assyaukanie, A. Luthfi. “Tipologi Dan Wacana Pemikiran Arab Kontemporer.” Jurnal Paramadina (2012).

Badudu, J. S. Kamus Kata-Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2003.

Cooper dkk., John. Pemikiran Islam Dari Sayyid Ahmad Khan Hingga Nasr Hamid Abu Zayd, Terj. Wakhid Nur Efendi. Jakarta: Erlangga, 2002.

Husaini, Adian, and Nirwan Syafrin. “Hermeneutika Pemikir Kontemporer: Kasus Nasr Hamid Abu Zaid Dan Mohammad Abid Al-Jabiri.” jurnal diakses tanggal 22 (2012).

Khalaf, Abdul Wahab. Ilm Ushul Fiqh, Terjemah Masdar Helmi. Bandung: Gema Risalah Press, 1996.

Misrawi, Zuhairi. Muhammad Abied Al-Jabiri: Pentingnya Aktualisasi Tradisi Sebagai Bentuk Kodifikasi Baru, 2012.

Muthahhari, Murtadha. Menapak Jalan Spiritual Terjemahan Oleh Nasrullah. Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.

Penyusun, Tim. Buku Pedoman Penulisan Skripsi Program S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel. Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2004.

Rusyd, Ibn. Fasl Al-Maqal Fima Bayn Al-Hikmah Wa Al-Syari’ah Min Al-Ittishal. Edited by M. Imarah. Mesir: Dar al-Mu’arif, n.d.

Shihab, M. Quraish. Logika Agama: Kedudukan Wahyu Dan Batas-Batas Akal Dalam Islam. Jakarta Selatan: Lentera Hati, 2005.

Susanto, Happy. “Geliat Baru Pemikiran Islam Kontemporer” (2012). https://www.geocities.ws/jurnal_iiitindonesia/pemikiran_islam_kontemporer.htm.

Syafrin, Nirwan. “Kritik Terhadap ‘Kritik Akal Islam’Al-Jabiri.” Islamia 1, no. 2 (2004).

Syah, Muhammad Aunul Abied Syah, and Sulaiman Mappiase. Kritik Akal Arab: Pendekatan Epistemologis Terhadap Trilogi Kritik Al-Jabiri. Bandung: Mizan, 2001.

Wijaya, Akhsin. “Menggugat Otentisitas Wahyu Tuhan: Kritik Atas Naalar Tafsir Gender.” Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.

Zulkarnain. “Pemikiran Kontemporer Muhammad Abid Al-Jabiri Tentang Turats Dan Hubungan Arab Dan Barat.” Jurnal 6 (2012). http://www.litagama.org/Jurnal/ Edisi6/aljabiri.html.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Trilogi Epistemologi Muhammed Abid al-Jabiri. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 59-69. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.433.59-69