Peran Guru dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 9 Kota Mojokerto Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.502.132-140Keywords:
Peran Guru, Bullying, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengatasi bullying di SMP Negeri 9 Kota Mojokerto, Jawa Timur. Meningkatnya kasus bullying di sekolah yang mengganggu kenyamanan dan prestasi belajar siswa menjadi kondisi yang harus mendapatkan perhatian serius. Guru sebagai salah satu pihak yang paling berperan di lingkungan sekolah perlu memiliki strategi efektif dalam menghadapi masalah tersebit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan beberapa guru, siswa, kepala sekolah, serta observasi langsung terhadap aktivitas di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMP Negeri 9 Mojokerto telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi bullying, seperti memberikan pemahaman tentang dampak bullying, menerapkan peraturan sekolah yang tegas, dan menciptakan suasana belajar yang penuh kasih sayang. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran dari sebagian siswa tentang pentingnya menghormati sesama. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan orang tua dalam mendukung penangan bulliying di sekolah.
Downloads
References
Adiyono, Adiyono, Irvan Irvan, dan Rusanti Rusanti. “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 649–58.
Ahmad, Nurdiana. “Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2022.
Aldama, Bella, Hadi Rohyana, dan Pebrisa Ambrina. “Analisis Pentingnya Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Perundungan pada Siswa di Sekolah Dasar.” El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education 7, no. 1 (2024): 61–68. https://doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29504.
Alkhasanah, Nuraini. “PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 355–65.
Asmuni, Hadiqoh. “Bullying dalam Pendidikan.” MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 1 (2020): 163–81.
Choiriyah, Siti, Siti Masruroh, Nuzulul Imamah, Aisyah Laili, dan Hatta Kunaifi. “Peran guru dalam pencegahan bullying di sekolah.” Journal Educatione 1, no. 2 (2024).
Detik.com. Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 dan Hak Warga Neraga Indonesia. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5895945/isi-pasal-31-ayat-1-5-uud-1945-dan-hak-warga-negara-indonesia, 2022.
Hasanah, Aan. “Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pendekatan Integratif pada Mapel Rumpun PAI di Madrasah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (2022).
Kamila, Aiena. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar.” Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 2, no. 5 (2023): 321–38.
Maemunah, Maemunah, Abdul Sakban, dan Ziah Kuniati. “Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah.” CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 11, no. 1 (2023): 43–50.
Marasaoly, Salha. “Pencegahan Perundungan (Bullying) Terhadap Siswa SD Dan SMP Dalam Implementasi Kota Peduli Ham Di Kota Ternate.” Politica: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam 9, no. 2 (2022): 94–112.
Putra, Ranowan. “Metode Pendidikan Perspektif Al-qur’an (Kontruksi Ideal Tafsir Tarbawi Tentang Metode Pendidikan).” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 3 (2024): 9780–88.
Rahmah, Khairur, dan Budi Purwoko. “Dampak Bullying Verbal Terhadap Menurunnya Rasa Percaya Diri.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 1 (6 Mei 2024): 745–50. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.845.
Shofiyyatuzzahrah, Adillah, Aulia Amanda, Hilmi Rizal, Mayang Rianti, Miranda Siregar, Nisrina Nurul Insani, dan Rama Wijaya Abdul Rozak. “Rekonstruksi Sekolah Sebagai Lingkungan yang Paling Aman Bagi Siswa di Tengah Maraknya Kasus Kekerasan Kepada Anak.” Seroja: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2023): 1–10.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Yamada, Salsa, dan Rr Nanik Setyowati. “Peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying sebagai upaya mewujudkan sekolah ramah anak di smp negeri 2 wates kab. Kediri.” Journal of Civics and Moral Studies 7, no. 1 (2022): 30–43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.