Memahami Akar Budaya Islam Indonesia: Telaah Relevansi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran SKI

Authors

  • Amaliyah Ananda Baharudin UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Sherlin Hariana UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Munawir UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.459.130-139

Keywords:

Pembelajaran, Problem Based Learning, SKI, Strategi

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengkaji konsep sejarah kebudayaan Islam, penerapan strategi PBL, serta relevansi strategi PBL pada pembelajaran SKI sebagai upaya memahami akar budaya Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kepustakaan/literatur (library research). Data yang dikumpulkan bersumber baik itu dari buku, jurnal, maupun teks lainnya yang dianggap relevan. Berdasarkan analisis data yang ditemukan, diketahui bahwa pengaplikasian strategi PBL dapat mendukung dan memudahkan peserta didik dalam berpikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Dari segi aspek pemahaman akar budaya Islam di Indonesia, digunakannya strategi PBL ini juga dapat memudahkan peserta didik membangun pemahaman mengenai hubungan antara budaya dan Islam yang pada dasarnya keduanya saling berkaitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrisijanti, Inajati. “Islam Salah Satu Akar Budaya Indonesia.” repository.dinus.ac.id (2006): 1–10.

Amaliati, Siti. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Khulafaur Rasyidin Di MA Maarif NU Sidomukti Gresik.” An-Nafah Jurnal Pendidikan dan Keislaman 3, no. 1 (2023): 11–26.

Azza Salsabila, Puspitasari. "Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar." Pandawa 2, no. 2 (2020): 278-288.

Hadijah Rani. "Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar." Jurnal Pendidikan Refleksi 10, no. 2, (2021): 95-102.

Herlina, Lenny. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Program Based Learning (PBL).” Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2016): 237–254.

Lubis, M Ridwan. “Melacak Akar Paham Teologi Islam Di Indonesia.” Jurnal Multikultural & Multireligius 14, no. 2 (2015): 9–21.

Marshella Putri. A. N. R. "Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo." (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Moh. Nasrul Amin. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Ski Mi.” Awwaliyah: Jurnal PGMI 5, no. 1 (2016): 1–56. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/ article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0A http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Dialektika Islam Dan Budaya Lokal Jawa.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam dan Budaya 11, no. 1 (2013): 1–18.

Mustofa, Saiful. “Meneguhkan Islam Nusantara Untuk Islam Berkemajuan.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 10, no. 2 (2015): 405–434.

Rofiqi, and Zaiful Rosyid. Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Rohman, Miftahur, Zulkipli Lessy, and Nurul Faizah. “Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum KMA 183 Tahun 2019 Madrasah Ibtidaiyah” 9, no. 2 (2019).

Sidiq, Umar, and Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53. Ponorogo: CV. NATA KARYA, 2019. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.

Tetin, Tetin, N. Hani Herlina, and Tanto Aljauharie Tantowie. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Inferencing.” Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam 18, no. 1 (2021): 99.

Usep Mudani Karim Abdullah, Abdul Azis. “Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019): 51-62.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Memahami Akar Budaya Islam Indonesia: Telaah Relevansi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran SKI. (2023). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 130-139. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.2.459.130-139