Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan

Authors

  • Hanim Masruroh

DOI:

https://doi.org/10.32616/jtr.v1i1.231

Keywords:

Pembelajaran Al-Qur’an Hadist, Media Audio Visual

Abstract

Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an hadist pada awalnya menggunakan metode ceramah dan diskusi berubah dengan model pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual dan berjalan dengan lancar. 2) Pengunaan media audio visual dengan memanfaatkan teknologi informasi berjalan dengan baik dan bisa menambah minat siswa dalam belajar. 3) Pembelajaran Al-Qur'an hadist menggunakan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan audio visual dapat diketahui bahwa rata-rata hasil pretest adalah dalam ketegori kurang atau pada interval < 60 dan diketahui bahwa rata-rata hasil pembelajaran sesudah menggunakan media audio visual adalah dalam ketegori baik dengan interval nilai 70 - 80. Adapaun besar pengaruh pembelajaran sesudah menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar Al-Qur'an hadist di MTs Roudlotul Qur'an Tlogoanyar Lamongan sebesar 82%, sedangkan pembelajaran sebelum menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar sebesar 23% artinya keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan audio visual lebih besar prosentasenya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 51 times